UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 8 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0613053014, CITRA HAYUNINGTHIAS (2013) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 8 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0613053014-abstrak.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613053014-kesimpulan.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613053014-pendahuluan.pdf

Download (41Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian dilakukan di SD Negeri 8 Metro Selatan Kota Metro dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas V dengan jumlah 33 siswa terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan SD Negeri 8 Metro Selatan. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian dilakukan 3 siklus sebanyak 6 pertemuan dari bulan Januari-April Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan Tahun Pelajaran 2009/2010 pada pembelajaran matematika tentang bangun ruang (kubus, balok, prisma segitiga), dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Koopertaif Tipe Jigsaw, dimana siswa dikelompokkan berdasarkan keahliannya. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tehnik tes dan tehnik non tes. Berdasarkan analisis data menunjukkan 11 siswa (33,33%) memperoleh nilai di bawah 6,5 dan 22 siswa (66,67%) dari 33 siswa memperoleh nilai di atas 6,5. Dalam pelaksanaan tindakan siklus II menunjukkan 4 siswa (12,12%) dari 33 siswa mendapatkan nilai di bawah 6,5 dan sebanyak 29 siswa (87,88%) mendapatkan nilai di atas 6,5. Pada siklus III menunjukkan 2 siswa (6,06%) memperoleh nilai di bawah 6,5 dan 31 siswa (93,94%) dari 33 siswa memperoleh nilai di atas 6,5. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan tahun pelajaran 2009/2010. Oleh karena itu disarankan kepada guru bidang studi Matematika agar menggunakan model kooperatif tipe jigsaw sebagai salah satu alternatif pembelajaran di sekolah dan kepada siswa terutama di SD Negeri 8 Metro Selatan, kiranya dapat melatih diri terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:30
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18724

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir