PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS IV SD NEGEI 08 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2009/201

0613053017, Dewi Oktasari (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS IV SD NEGEI 08 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2009/201. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0613053017-abstrak.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613053017-kesimpulan.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613053017-pendahuluan.pdf

Download (60Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 08 Metro Selatan tahun pelajaran 2009/2010 belum melibatkan peran serta peserta didik secara optimal. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar peserta didik. Salah satu pendekatan untuk mengatasi permasalahan tersebut, adalah model cooperative learning tipe Jigsaw melalui Penelitian Tindakan Kelas. Model pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik khususnya pada materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 08 Metro Selatan, melalui implementasi cooperative learning tipe Jigsaw. Penelitian dilaksanakan menggunakan disain penelitian tindakan kelas dengan tahapan, 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi dan evaluasi, dan 4) refleksi dalam setiap siklus. Data yang diambil meliputi nilai aktivitas belajar peserta didik menggunakan lembar observasi, data hasil belajar peserta didik, pengelolaan pembelajaran oleh guru menggunakan lembar observasi kinerja guru, dan angket respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan cooperative learning tipe Jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan, (a) nilai rata-rata aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dengan hasil 54.55% (siklus I), 77.27% (siklus II), dan 84.09% (siklus III); (b) nilai rata-rata prestasi belajar peserta didik meningkat dengan hasil 67.97 (siklus I), 77.40(siklus II), dan 84.85 (siklus III). Artinya, pembelajaran matematika dengan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw pada operasi hitung bilangan bulat dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:30
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18725

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir