PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED (KWL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TOTOKATON KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

0613053023, Dwi Subekti (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED (KWL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TOTOKATON KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0613053023-abstrak.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613053023-kesimpulan.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613053023-pendahuluan.pdf

Download (48Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Nilai keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 3 Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah belum maksimal. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa rata-rata nilai mata pelajaran bahasa Indonesia siswa belum mencapai KKM yang ditentukan sebesar 6,50. Rendahnya nilai membaca pemahaman tersebut disebabkan karena motivasi, minat dan aktivitas siswa dalam proses membaca masih kurang. Upaya untuk menciptakan proses membaca yang efektif perlu diperbaiki, salah satunya menggunakan strategi Know-Want To Know-Learned (KWL). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia melalui strategi KWL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research). Teknik pengumpul data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Materi pembelajarannya adalah peristiwa bencana alam dengan standar kompetensi memahami teks dengan membaca sekilas pada siswa kelas V SD Negeri 3 Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2009/2010. Aktivitas siswa siklus I sebesar 45,75% dan siklus II sebesar 65%. Hasil penelitian diketahui rata-rata nilai hasil belajar membaca pemahaman sebesar 6,8 pada siklus I dan 7,8 pada siklus II. Sedangkan pada nilai Kecepatan Efektif Membaca (KEM) terdapat peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 12,5% dan siklus II menjadi 50% yang dihitung menggunakan rumus KEM dan berdasarkan nilai hasil belajar. Kinerja guru juga meningkat yakni siklus I sebesar 60,93% dan siklus II sebesar 67,96%. Dapat disimpulkan bahwa dengan strategi KWL dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 3 Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:31
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18727

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir