PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUKMENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA SOAL CERITA DI KELAS V SD NEGERI 5 MARGOTOTO KECAMATAN METRO KIBANG

0613053024, EDMON HADIANSYAH (2016) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUKMENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA SOAL CERITA DI KELAS V SD NEGERI 5 MARGOTOTO KECAMATAN METRO KIBANG. Digilib Library.

[img]
Preview
FIle PDF
0613053024-abstrak.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0613053024-kesimpulan.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0613053024-pendahuluan.pdf

Download (37Kb) | Preview

Abstrak

Pembelajaran matematika di SDN 5 Margototo cenderung dilaksanakan dengan metode ceramah (konvensional), sehingga pembelajaran belum optimal. Pembelajaran masih didominasi oleh guru (teacher centered) menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan berdampak pada prestasi belajar siswa yang belum sesuai dengan kriteria ketuntasan yang diharapkan yaitu sebesar 60%. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan matematika realistik pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang berdaur siklus yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi, dengan subyek penelitian siswa dan guru kelas V SDN 5 Margototo yang berjumlah 26 orang siswa. Alat pengumpul data yaitu berupa lembar observasi siswa untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran, lembar kinerja guru untuk mengetahui kinerja guru dalam proses pembelajaran, dan tes hasil belajar untuk memperoleh informasi mengenai kemampuan kognitif siswa dalam memahami soal cerita. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar siswa dan analisi kualitatif untuk mengukur dinamika proses aktivitas dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan matematika realistik pada mata pelajaran matematika soal cerita di kelas V SDN 5 Margototo dapat meningkatkan proses belajar siswa yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase proses hasil belajar siswa pada siklus I (60,51%), siklus II (67,69%), dan siklus III (74,66%). Kemudian rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (49,77), siklus II (66,92), dan siklus III (70,57).

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:31
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18728

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir