PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IVB SD NEGERI 10 METRO PUSAT

0613053026, EMY PURNAMA SARI (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IVB SD NEGERI 10 METRO PUSAT. Digilib Library.

[img]
Preview
Text
0613053026-abstrak.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0613053026-kesimpulan.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0613053026-pendahuluan.pdf

Download (57Kb) | Preview

Abstrak

Pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi menulis karangan narasi di SD Negeri 10 Metro Pusat belum diajarkan secara maksimal, penyajiannya belum diberikan secara optimal. Hal tersebut terbukti masih banyak siswa yang belum mampu menggunakan huruf kapital, tanda titik dan tanda koma dengan baik dan benar terutama dalam menulis karangan sehingga nilai siswa belum mencapai KKM yang dinginkan yaitu 66. Peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi dapat diupayakan oleh guru dengan menggunakan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IVB SD Negeri 10 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2009/2010 pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar. Prosedur yang digunakan berbentuk siklus, terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti menggunakan teknik analisis data secara kualitatif berupa observasi dan kuantitatif berupa tes kemampuan menulis narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I rata-rata aktivitas siswa sebesar 47.51%. Sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas siswa sebesar 61.52%. Pada siklus III rata-rata aktivitas siswa sebesar 76.04%. Penggunaan media gambar juga dapat meningkatkan kemampuan mengarang siswa. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan mengarang siswa pada siklus I sebesar 61.29%, siklus II sebesar 87.10%, dan mengalami peningkatan sebesar 22.53%. dari siklus II sebesar 87.10% ke siklus III sebesar 96.77% mengalami peningkatan sebesar 9.67%. Berdasarkan hasil temuan di atas, disarankan kepada guru bidang studi Bahasa Indonesia agar menggunakan media gambar sebagai salah satu alternatif pembelajaran di sekolah. Kepada siswa terutama di SD Negeri 10 Metro Pusat, kiranya dapat melatih diri secara aktif dalam proses pembelajaran.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:31
Last Modified: 22 Jan 2016 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18729

Actions (login required)

View Item View Item