0613053053, RIA SUSI JUMAIDA (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V SDN 2 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digilib Library.
|
File PDF
0613053053-kesimpulan.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0613053053-abstrak.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
File PDF
0613053053-pendahuluan.docx Download (27Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V SD Negeri 2 Metro Selatan guru cenderung menggunakan metode ceramah sehingga kurang mampu merangsang siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran, hal ini berdampak pada hasil belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V SDN 2 Metro Selatan. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus dengan proses kajian berdaur terdiri empat tahap. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang langkah-langkahnya terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan instrument berupa lembar observasi siswa dan guru dalam proses pembelajaran untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode diskusi serta lembar evaluasi belajar siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisa data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil analisa data menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas V SDN 2 Metro Selatan dapat meningkatkan aktivitas siswa. Rata-rata aktivitas belajar siswa antara siklus I, siklus II, dan siklus III meningkat dari 33,33% menjadi 55,56% dan 63,89%. Demikian juga hasil belajar terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2, dan ke siklus 3 yaitu nilai rata-ratanya 64,72; 74,72; dan 76,11.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 04:31 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2016 04:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18736 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |