0613053055, RIMA AMELIA WN (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V SD NEGERI 02 METRO SELATAN. RIMA AMELIA WN.
|
File PDF
0613053055-abstrak.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0613053055-kesimpulan.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0613053055-pendahuluan.pdf Download (32Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V di SDN 02 Metro Selatan cenderung guru menggunakan metode ceramah dan siswa pasif sehingga proses pembelajaran belum optimal, berdampak pada hasil belajar yang belum sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Strategi yang digunakan ini belum sepenuhnya mencapai proses dan hasil pembelajaran yang optimal karena masih konvensional yaitu guru sentris, pembelajarannya berpusat pada guru. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan metode tanya jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan secara kolaboratif partisipatif antara peneliti dengan guru SDN 02 Metro Selatan. Penelitian tindakan kelas ini, yang dijadikan subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas V SDN 02 Metro Selatan, Kota Metro. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian ini sebanyak 37 siswa terdiri dari 19 siswa lakilaki dan 18 orang siswa perempuan. Dari hasil penelitian ternyata penggunaan metode tanya jawab dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mulai dari siklus I sampai siklus III. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I sampai siklus III terjadi peningkatan nilai rata-rata siklus I 35,13 % pada siklus II 56,75 % dan pada siklus III meningkat menjadi 78,37 % sedangkan ketuntasan belajar di siklus I berjumlah 17 siswa (45,94%) meningkat pada siklus II menjadi 27 siswa (72,97%) dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 32 siswa (86,48%) dari 37 siswa. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tanya jawab dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mulai dari siklus I sampai siklus III.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 04:31 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2016 04:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18738 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |