PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

0643021017, Doddi Saputra (2016) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0643021017-abstrak.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643021017-kesimpulan.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643021017-pendahuluan.pdf

Download (46Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran matematika di kelas III A SD Negeri 3 Labuhan Dalam Bandar Lampung belum mencapai hasil yang memuaskan. Hal ini ditunjukkan dengan persentase siswa tuntas pada ulangan harian semester ganjil Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan materi letak bilangan pada garis bilangan yang hanya mencapai 34,48% dari 29 siswa. Berdasarkan hasil identifikasi dengan guru mitra, kondisi ini disebabkan oleh rendahnya aktivitas belajar siswa sebagai implikasi pe- nyampaian materi-materi dalam pembelajaran kurang menarik yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu pem- belajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa. Pembelajaran yang sesuai un- tuk menindaklanjuti masalah tersebut adalah dengan Pendekatan Matematika Realistik yang merupakan suatu pendekatan yang menempatkan realitas dan pengalaman siswa sebagai titik awal pembelajaran. Rumusan masalah dalam pe- nelitian ini adalah Apakah penerapan pendekatan matematika realistik pada sis- wa kelas III A SD Negeri 3 Labuhan Dalam Bandar Lampung dapat meningkat- . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam tiga siklus. Tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa data kuantitatif diperoleh melalui tes dan data kualitatif diperoleh melalui observasi. Berdasarkan hasil analisis data, persentase siswa aktif dan siswa tuntas mengalami peningkatan tiap siklusnya. Hal ini ditunjukkan dengan persentase siswa aktif pa- da siklus I, II, dan III berturut-turut adalah 55,17%, 65,52%, dan 79,31%; dan persentase siswa tuntas pada siklus I, II, dan III berturut-turut adalah 44,83%, 62,07%, dan 75,86%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pende- katan Matematika Realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mate- matika kelas III A SD Negeri 3 Labuhan Dalam Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:32
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18745

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir