PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE NHT

0643021059, Yeni Yulianti (2016) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE NHT. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0643021059-kesimpulan.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643021059-abstrak.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643021059-pendahuluan.pdf

Download (40Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan matematika yang harus dikuasai oleh peserta didik. Untuk itu penggunaan model pem- belajaran yang tepat sangat diperlukan, diantaranya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe NHT. Belajar dalam kelompok kecil, siswa dapat bekerja sama merumuskan suatu permasalahan dan mencari pe- nyelesaiannya bersama kelompoknya. Pada penelitian ini kedua model pembelajaran tersebut digunakan peneliti untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang ditinjau dari kemampuan awal serta interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Yeni Yulianti Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palas tahun pelajaran 2010/2011. Melalui teknik Cluster Random Sampling, sampel yang diperoleh adalah kelas VIII A dan kelas VIII C. Pada kelas VIII A diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pada kelas VIII C diterapkan pembelajaran tipe NHT. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa, (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dikenai pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe NHT, secara umum dan untuk siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan rendah. Rata-rata pada pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari pada pembelajaran tipe STAD; (2) untuk siswa yang memiliki kemampuan awal sedang, tidak terdapat perbedaan yang signifikan diantara keduanya, meskipun rata-rata pada pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari tipe NHT; (3) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:32
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18751

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir