0643023016, FRISSILYA WOELANDEZ (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA. Digilib Library.
|
File PDF
0643023016-ABSTRAK.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0643023016-KESIMPULAN.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0643023016-PENDAHULUAN.pdf Download (39Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran kimia di SMA Negeri 14 Bandar Lampung kelas XI IPA, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata pe- nguasaan konsep asam basa Tahun Pelajaran 2009-2010 yaitu sebesar 61. Persen- tase siswa yang mencapai nilai 55%, ketuntasan belajar yang ditetapkan sekolah belum tercapai. Hasil observasi pada kelas XI IPA 1 Tahun Pelajaran 2010-2011, pada materi sebelumnya yaitu kesetimbangan kimia, siswa melakukan praktikum untuk membuktikan teori yang telah didapat, siswa belum dilatihkan keterampilan proses sains dalam proses pembelajaran. Pada saat pem- belajaran komunikasi yang terjadi hanya antara guru dan siswa (satu arah), se- hingga pembelajaran lebih didominasi oleh guru, siswa kurang dilibatkan dalam penemuan konsep. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mene- rapkan pembelajaran penemuan terbimbing pada materi asam basa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan KPS mengkomunika- sikan dan menyimpulkan; penguasaan konsep asam basa; dan persentase siswa yang mencapai KKM melalui penerapan pembelajaran penemuan terbimbing. Frissilya woelandez Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMAN 14 Bandar Lampung, yang berjumlah 30 orang. Data penelitian berupa data kinerja guru; KPS mengkomunikasikan dan menyimpulkan; dan penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan mengko- munikasikan pada kelompok kemampuan tinggi dari siklus I ke II sebesar 23,33%, dan siklus II ke III sebesar 16,67%. Sedangkan keterampilan menyim- pulkan pada kelompok kemampuan tinggi dari siklus I ke II sebesar 13,33%, dan dari siklus II ke III sebesar 43,33%. (2) penguasaan konsep dari siklus I ke siklus II sebesar 9,28% , dari siklus II ke siklus III sebesar 10,53%; dan (3) persentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,67%, dari siklus II ke siklus III sebesar 10%.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 04:23 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2016 04:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18796 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |