PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK LARUTAN ASAM-BASA

0643023021, MAULITA UTAMI (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK LARUTAN ASAM-BASA. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0643023021-abstrak.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643023021-kesimpulan.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643023021-pendahuluan.pdf

Download (63Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil Penguasaan konsep larutan asam-basa tahun pelajaran 2009-2010 belum mencapai standar ketuntasan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata penguasaan konsep sebesar 64,73 dengan hanya 47% siswa yang mendapat nilai rata-rata ≥ 65 dikarenakan aktivitas belajar siswa rendah. Praktikum yang dilaksanakan masih terbatas pada pembuktian teori. Berdasarkan uraian tersebut dilakukan pembelajaran kooperatif tipe TGT ( Teams Games Tournament). Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan setiap jenis aktivitas belajar siswa, penguasaan konsep, dan ketuntasan belajar siswa pada materi pokok larutan asam dan basa dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dari siklus ke siklus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Data yang digunakan adalah data kualitatif berupa data aktivitas siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep dan ketuntasan belajar siswa yang diambil setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan : (1) peningkatan persentase setiap jenis aktivitas on task siswa dari siklus ke siklus. (2) peningkatan rata-rata persentase penguasaan konsep dari siklus I ke siklus II sebesar 5,8% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 5,58% . (3) peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 13,34 % dan dari siklus II ke siklus ke III sebesar 10 %.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:23
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18799

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir