EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP REAKSI OKSIDASI REDUKSI

0643023033, TITIS GAYUHANINGSIWI PERMADI (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP REAKSI OKSIDASI REDUKSI. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0643023033-abstrak.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643023033-kesimpulan.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643023033-pendahuluan.pdf

Download (36Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas X SMA Budaya Bandar Lampung, proses pembelajaran yang dilakukan hanya melibatkan siswa sebagai pencatat, penghafal dan pembelajaran seolah-olah hanya terjadi di dalam sekolah tanpa adanya keterkaitan dengan lingkungan di sekitar mereka. Kegiatan pembe- lajaran tersebut tidak sejalan dengan proses pembelajaran yang seharusnya dite- rapkan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yaitu proses pembela- jaran yang menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep siswa adalah learning cycle 3E. Karena itulah penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Learning Cycle 3E dalam meningkatkan (1) keterampilan inferensi siswa, (2) penguasaan konsep reaksi oksidasi reduksi siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Budaya Bandar Lampung kelas X 1 dan X 2 semester Genap Tahun Pelajaran 2010-2011 yang diambil dengan teknik purposif cluster sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Efek- Titis Gayuhaningsiwi Permadi tivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E diukur berdasarkan selisih skor pretest dan posttest. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan pembela- jaran Learning Cycle 3E memiliki keterampilan inferensi dan tingkat penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3E lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep siswa.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:23
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18802

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir