0643024020, FARAH EVA RISTINA (2016) PENGARUH MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATERI POKOK EKOSISTEM PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG T.P. 2010/2011. Digilib Library.
|
File PDF
0643024020-abstrak.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0643024020-kesimpulan.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0643024020-pendahuluan.pdf Download (51Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi dan diskusi dengan guru biologi yang mengajar di kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung diketahui bahwa selama ini guru kurang memberdayakan pemahaman suatu konsep secara optimal. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan penguasaan konsep yaitu dengan penggunaan media komik pembelajaran biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh media komik pembelajaran biologi terhadap penguasaan konsep materi pokok ekosistem; (2) penguasaan konsep materi pokok ekosistem pada siswa yang menggunakan media komik pembelajaran biologi dengan tanpa menggunakan media komik pembelajaran biologi; (3) pengaruh media komik terhadap aktifitas belajar siswa pada materi pokok ekosistem. Desain penelitian adalah pretest-posttest group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII B dan VII C secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian berupa data yang dipilih iii Farah Eva Ristina kuantitatif yang dianalisis menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Data kualitatif yaitu aktifitas belajar siswa, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media komik pembelajaran biologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan konsep materi ekosistem pada siswa yang menggunakan media komik pembelajaran biologi; (2) penguasaan konsep materi pokok ekosistem pada siswa yang pembelajarannya menggunakan media komik pembelajaran biologi (N-gain 28,14) lebih tinggi daripada siswa yang pembelajarannya tanpa menggunakan media komik pembelajaran biologi (N-gain 21,14); (3) aktifitas belajar siswa yang menggunakan media komik pembelajaran biologi dengan peningkatan (14,7%) lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa menggunakan media komik pembelajaran biologi, dengan peningkatan (13,4%).
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 04:24 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2016 04:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18804 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |