PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI

0543023016, IRIANTI OKTAVIA (2012) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan.pdf

Download (74Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Berdasarkan hasil wawancara terhadap 10 responden guru di berbagai SMA di Bandar Lampung diperoleh informasi bahwa 90 % guru dalam proses pembelajaran pada materi pokok laju reaksi, belum menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS), 10 % guru telah menggunakan LKS, namun LKS yang digunakan belum melatih siswa untuk berfikir melalui KGS. Oleh karena itu, perlu dirancang LKS berbasis KGS pada materi pokok laju reaksi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKS berbasis KGS dan mengetahui (1) tingkat keterbacaan LKS; (2) tingkat keterlaksanaan LKS; (3) peningkatan KGS siswa setelah penggunaan LKS; dan (4) tanggapan siswa dan guru mengenai keunggulan dan kelemahan LKS. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada alur penelitian Borg and Gall (2003). Alur penelitian pengembangan ini dimulai dari analisis kebutuhan sampai dengan revisi LKS kedua. Pelaksanaan uji coba terbatas dilaksanakan di SMA YP Unila Bandar Lampung terhadap 37 siswa kelas XI IPA 2, metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan one group pre-test and pos-test. Hasil dari penelitian ini adalah (1) LKS berbasis KGS mempunyai tingkat keterbacaan 76,22% dan tingkat keterlaksanaan 72,95% keduanya berkriteria tinggi; (2) Penggunaan LKS berbasis KGS mampu meningkatan keterampilan generik sains siswa yaitu untuk (a) bahasa simbolik; (b) hukum sebab akibat; (c) untuk pemodelan matematika dan membangun konsep, keempat KGS ini menurut Hake (1998) berkriteria sedang, (3) tanggapan siwa dan guru mengenai keunggulan dan kelemahan dari kelima LKS adalah (a) menurut siswa, keunggulannya yaitu siswa dapat terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran dan lebih mudah melakukan percobaan, sedangkan kelemahannya yaitu kurangnya kualitas warna, ukuran gambar dan variasi tulisan; (b) menurut guru, keunggulan LKS dapat membantu guru untuk melatihkan KGS siswa, sedangkan kelemahannya yaitu mahalnya biaya yang diperlukan untuk mencetak LKS yang dikembangkan. Kata kunci : Pengembangan, LKS, Keterampilan Generik Sains (KGS)

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: tik 12 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:33
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 07:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18975

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir