PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMPN 2 BANDAR LAMPUNG

NN, Amrina Hirnanti (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMPN 2 BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak Amrina Hirnanti.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT Amrina Hirnanti.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan Amrina Hirnanti.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan Amrina Hirnanti.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar Biologi siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA, VIIB, dan VIIC semester genap tahun pelajaran 2008/2009 SMP Negeri 2 Bandar Lampung yang ditetapkan dengan teknik Random cluster sampling. Parameter dalam penelitian ini adalah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini ada tiga data yang dikumpulkan, yaitu data mengenai peningkatan aktvitas dan hasil belajar siswa, data tentang efektivitas dan pemunculan keterampilan kooperatif siswa, dan data tentang aktivitas guru dalam proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dan tes pada setiap akhir siklus. Analisis secara kualitatif dengan menguraikan apa adanya, dan datadata yang dikuantifikasikan dianalisis dengan persentase. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ; Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VII dapat meningkatkan kemampuan aktivitas siswa, penerapan kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VII dapat meningkatkan hasil belajar siswa, persentase peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 lebih besar daripada persentase dari siklus 2 ke siklus 3 pada kelas VIIB dan VIIC. Terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada tiap siklus. Sehingga penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Aktivitas siswa, Hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw. Abstract The aim of this research is to find out the effect of the application of cooperative learning model-jigsaw. Towards the increase of students learning activities and Biology achievement. The subject of the research is the students of grade VII A, VII B, and VII C of semester2, academic year 2008/2009 SMPN 2 Bandar Lampung. The subject is decided through random cluster sampling. The parameter of the research is the increase of students learning activities and students learning achievement. In this research there are three kinds of data collected, they are the students learning activities and achievement, the effectiveness appearance of students cooperative skills, and the teacher’s activities in the learning process. To collect the data , the researcher use observation sheets and test in every cycle. Then the data is analyzed qualitatively by explaining objectively, and the qualitative data is analyzed in percentage. The conclusion of the result is that the application of cooperative learning model Jigsaw to grade 7 students can increase students learning activities, increase students achievement in Biology, and the percentage of learning outcome from cycle 1 to 2 is greater than from cycle 2 to 3 in grade 7 B and 7 C. Keyword : students activity, learning achievement, cooperative learning, Jigsaw

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:34
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 07:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18977

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir