KONFLIK DALAM NOVEL 5 CM KARYA DONNY DHIRGANTORO DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

nn, MITA SUCIATI (2012) KONFLIK DALAM NOVEL 5 CM KARYA DONNY DHIRGANTORO DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). lebrary.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan.pdf

Download (166Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah konflik dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik yang terdapat dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro dan menetapkan kelayakan novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro sebagai bahan ajar sastra Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel yang berjudul 5 cm karya Donny Dhirgantoro. Data berupa unit-unit teks pada novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro. Teks tersebut berupa paparan bahasa yang menggambarkan konflik yang terkandung di dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro. Hasil penelitian novel 5 cm ditemukan konflik berupa konflik manusia dengan dirinya sendiri (konflik batin), konflik manusia dengan manusia, dan konflik 2 manusia dengan alam. Pada novel 5 cm tidak ditemukan adanya konflik manusia dengan masyarakat. Konflik utama dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro yaitu konflik manusia dengan dirinya sendiri. Konflik utama berupa pertentangan dalam diri lima tokoh (Arial, Genta, Ian, Riani, dan Zafran) untuk tetap berada dalam dunia mereka (komunitas lima sahabat) atau memilih keluar, melihat dunia luar, keluar dari zona nyaman. Konflik utama tersebut memicu timbulnya konflikkonflik lain dalam alur novel 5 cm. Novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro layak dijadikan sebagai bahan ajar sastra Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA) karena sesuai dengan kriteria pemilihan bahan pembelajaran, yaitu dilihat dari aspek bahasa, aspek psikologis, dan aspek latar belakang budaya.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:34
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 07:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18983

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir