NN, Anwar Rahman (2012) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATAKULIAH BAHASA INGGRIS BISNIS PROGRAM STUDI AKUNTANSI JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG Oleh. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRACT Anwar Rahman.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
abstrak Anwar Rahman.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kesimpulan Anwar Rahman.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pendahuluan Anwar Rahman.pdf Download (38Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstract Keberhasilan dalam pembelajaran bahasa Inggris sangat ditentukan dengan kualitas materi atau bahan ajar yang digunakan. Bahan ajar yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan mahasiswa (students needs) akan membuat proses pembelaran lebih efektif. Belum adanya bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan disiplin ilmu mahasiswa khususnya ESP (English for specific purposes) yaitu English for business di Program Studi Akuntasi Jurusan Ekonomi dan Bisnis Polinela menimbulkan pemikiran untuk mengembangkan bahan ajar. Permasalahannya adalah bagaimana mengembangkan dan membuat modul pembelajaran bahasa Inggris yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengikuti model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini terbagi menjadi dua tahap, tahap I merupakan tahap penelitian dan pengembangan produk dan evaluasi formatif produk yang telah dikembangkan. Penelitan tahap II merupakan tahap uji coba lapang untuk mengetahui efektifitas penggunaan produk hasil pengembangan. Uji lapang dirancang dengan pre eksprerimen One Group Pre-test Post-test Design. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitan, penelitian tahap I menghasilkan produk yang terdiri dari modul pembelajaran, audio CD dan Video CD yang diawali dengan kegiatan: 1) penelitian tentang analisis kebutuhan mahasiswa dan mengumpulkan informasi kemampuan mahasiswa, observasi, interview dan analisis situasi serta review literatur, 2) membuat perencanaan dengan seleksi dan menentukan materi pokok yang dituangkan dalam silabus (GBPP), satuan acara pengajaran (SAP) dan draf materi pengembangan, 3) pengembangan produk materi pembelajaran berupa modul, audio CD dan video CD dan dilakukan pengujian oleh ahli materi, ahli isi dan uji perorangan, 4) uji coba awal pada kelompok kecil, dan 5) revisi produk. Hasil penelitian tahap II, yaitu 6) uji coba lapang dan 7) revisi. Hasil ujicoba lapang diketahui bahwa penggunaan modul pembelajaran bahasa Inggris bisnis mempunyai efektifitas sedang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa. Abstract The succeed in learning English is depend on the quality of teaching material or module which is used. Module that arranged based on students abilities and needs will make the learning process more effective. The idea in developing module English for business is refer to the unavailability of module in Accounting Study Program Economics and Business Department of The State Polytechnic of Lampung which meets with students needs and their major especially English for specific purposes. The problem is how to develop and arrange module of business English which able to increase students English proficiency. This reseach represent Borg and Gall model’s research and development (R & D). The research has two phases, first phase is research and develop product and giving formative evaluation to product. Second phase of the research is field test to know the effectiveness of its usage. The test field is designed by using preexperiment One Group Pre-test Post-test Design while the sample of this research is purposive sampling. Phase I produced a product that is business English module, audio CD and video CD which initiated by some activities: 1) research and collecting information about students needs analysis, observation, interview, analysis situation and literatures review, 2) planning by selecting, deciding main material which stated on syllabus and lesson plan, then drafting materials development, 3) developing draft into module, audio CD and video CD that reviewed by material and curriculum designers and one to one review, 4) testing on small group, and 5) revised the module. Phase II is testing field and last revision. The test field result showed that the usage of business English module has medium affectivity to improve students English proficiency.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Pengguna Deposit: | tik 15 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 07:35 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2016 07:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18999 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |