PERBANDINGAN PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA

0313024038, Surya Darma (2012) PERBANDINGAN PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA. Digital Library.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kesimpulan.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pendahuluan.pdf

Download (98Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK. Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 5 Bandar Lampung, diketahui bahwa penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah karena guru masih dominan menggunakan metode ceramah dengan media sederhana. Oleh karena itu perlu alternatif media pembelajaran yang lain, yaitu media pembelajaran berbasis web dan power point yang diharapkan agar siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web dan power point serta membandingkan pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis web dan power point terhadap hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009 - 2010. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web dan XI IPA3 sebagai kelas eksperimen II yang diberi perlakuan dengan menggunakan media power point. Sampel diambil dengan tehnik simple random sampling. Data penelitian ini berupa nilai hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pada Materi Pokok Sistem Ekskresi pada Manusia. Nilai hasil belajar aspek kognitif siswa diperoleh dari nilai pretest dan posttest, sementara nilai aspek afektif dan psikomotorik diambil dengan lembar observasi pada setiap pertemuan. Rata-rata gain score, nilai afektif dan psikomotorik tersebut kemudian di analisis dengan uji t menggunakan software SPSS 17.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan signifikan antara hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web dan power point (2) hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web lebih tinggi daripada media pembelajaran power point. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web lebih berpengaruh terhadap hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa daripada media pembelajaran power point. Kata kunci: media berbasis web, power point, sistem ekskresi, hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Elektro
Depositing User: tik 11 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:40
Last Modified: 22 Jan 2016 07:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19065

Actions (login required)

View Item View Item