0713056421, Supriyanto (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN MELALUI METODE KARYA WISATA DI KELAS V SDN 4 MULYA ASRI KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH KABUPATEN TULANG BAWANG. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kesimpulan.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pendahuluan.pdf Download (23Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK. Penelitian Tindakan Kelas ini berawal dari latar belakang adanya kesenjangan antara model pembelajaran yang digunkan guru dengan kejenuhan siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia, sehingga berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penelitian ini mengungkap penggunaan metode karya wisata untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 4 Mulya Asri kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas yang diterapkan adalah dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan karya wisata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata prosentase aktivitas belajar siswa pada siklus pertama 67 % dan pada siklus kedua 92 %, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus pertama 6,00, dan hasil pada siklus kedua 6,79. Kata kunci : pembelajaran, aktivitas belajar, hasil belajar dan karya wisata.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA |
Pengguna Deposit: | tik 11 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 07:42 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2016 07:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19091 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |