PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X1 IPS SMA PGRI 1 PUNGGUR TAHUN AJARAN 2010/2011

0643031027, NIKKI TRI SAKUNG (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X1 IPS SMA PGRI 1 PUNGGUR TAHUN AJARAN 2010/2011. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0643031027-abstrak.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643031027-kesimpulan.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0643031027-pendahuluan.pdf

Download (59Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru, media pembelajaran dan motivasi belajar siswa SMA PGRI 1 Punggur tahun pelajaran 2010/2011. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ”Apakah ada pengaruh positif persepsi siswa tentang metode mengajar guru, media pembelajaran dan motivasi belajar siswa SMA PGRI 1 Punggur Tahun Pelajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah Siswa Kelas X1 Semester Ganjil SMA PGRI I Punggur sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 80 orang. Dengan menggunakan rumus T. Yamane dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 67 orang yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling agar sampel yang diambil mewakili. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X1 SMA PGRI 1 Punggur tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukan dengan t hitung = 4,067 > t tabel = 1,997 dengan koefisien korelasi (r) 0,450 dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,203 yang berarti prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang metode mengajar guru sebesar 20,3%. (2) Ada pengaruh persepsi siswa tentang media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X1 IPS SMA PGRI 1 Punggur tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukan dengan t hitung = 6,502 > t tabel = 1,997 dengan koefisien korelasi (r) 0,628 dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,394 yang berarti prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang media pembelajaran sebesar 39,4%. (3) Ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X1 SMA PGRI 1 Punggur tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukan dengan t hitung = 3,597 > t tabel = 1,997 dengan koefisien korelasi (r) 0,407 dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,166 yang berarti prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa sebesar 16,6%. (4) Ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru, media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X1 SMA PGRI 1 Punggur tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan F hitung 26,096 > F tabel 2,751 dengan koefisien korelasi (R) 0,744 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,554 yang berarti prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang metode mengajar, media pembelajaran dan motivasi belajar siswa sebesar 55,4%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1)Ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X1 IPS semester ganjil SMA PGRI 1 Punggur Tahun Pelajaran 2010/2011 sebesar 20,3% atau dengan kata lain, jika persepsi siswa tentang metode mengajar guru positif maka prestasi belajarnya akan meningkat. (2) Ada pengaruh persepsi siswa tentang media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X1 IPS semester ganjil SMA PGRI 1 Punggur Tahun Pelajaran 2010/2011 sebesar 39,4% atau dengan kata lain, jika persepsi siswa tentang media pembelajaran positif maka prestasi belajarnya akan meningkat. (3) Ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X1 IPS semester ganjil SMA PGRI 1 Punggur Tahun Pelajaran 2010/2011 sebesar 16,6% atau dengan kata lain, jika motivasi belajar siswa tinggi maka prestasi belajarnya akan meningkat. (4) Ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru, media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 55,4%. Ini berarti, semakin positif persepsi siswa tentang metode mengajar guru, media pembelajaran dan motivasi belajar maka semakin tinggi prestasi belajar Ekonomi siswa kelas X1 semester ganjil SMA PGRI 1 Punggur Tahun Pelajaran 2010/2011, dem

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:45
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19159

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir