PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL KELAS VI SEKOLAH TUNAS MEKAR INDONESIA BANDAR LAMPUNG

Nn, Tri Puji Astuti (2012) PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL KELAS VI SEKOLAH TUNAS MEKAR INDONESIA BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT Tri Puji Astuti.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak Tri Puji Astuti.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan Tri Puji Astuti.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan Tri Puji Astuti.pdf

Download (105Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Tujuan penelitian ini meliputi: (1) penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual, (2) pelaksanaan proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan pendekatan pembelajaran kontekstual, (3) pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran kontekstual yang dilakukan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, dan (4) peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas 6 Sekolah Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung dengan pendekatan pembelajaran kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan (action research). Objek penelitian adalah siswa kelas 6A dan 6B pada Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian dilakukan dalam 3 (tiga) siklus. Siklus pertama, siswa melakukan pengamatan secara langsung pada bunga, yaitu di lingkungan sekolah dan di laboratorium. Siklus kedua, siswa melakukan pengamatan langsung dan pengamatan melalui video yang mereka dapatkan dari internet. Siklus ketiga siswa melakukan pengamatan langsug dan melakukan kegiatan perkembangbiakan tanaman secara buatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penyusunan RPP dari siklus 1 sampai dengan siklus 3 telah sesuai dengan pembelajaran kontekstual, (2) pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran kontekstual, siklus 1 komponen pendekatan pembelajaran kontekstual sebagian digunakan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran meningkat menjadi seluruhnya digunakan pada siklus 3, (3) terjadi peningkatan aktivitas siswa selama pembelajaran. Siklus 1 terdapat 67,4% siswa yang aktif mengikuti pembelajaran. Pada Siklus 3, 100% siswa aktif mengikuti pembelajaran atau mengalami peningkatan 32,6%, dan (4) Terjadi peningkatan prestasi belajar dari siklus 1 sampai dengan siklus 3. Pada siklus 1 nilai rata-rata siswa adalah 68,26. Pada siklus 2 adalah 75,33 yang berarti meningkat 7,07 dari nilai rata-rata Siklus 1. Pada siklus 3 nilai rata-rata siswa 81,96 yang berarti mengalami peningkatan sebesar 6,63 dari siklus 2 atau mengalami peningkatan 13,70 dari siklus 1. Abstract The research was aimed to describe the learning achievement advance in Science through Contextual Teaching and Learning (CTL) for grade six in Sekolah Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung, Academic Year 2009/2010. It was research about (1) arrangement of Science Lesson Plan by using CTL, (2) implementation of Science learning process through CTL, (3) implementation of learning evaluation system in Science based on CTL, and (4) student learning achievement advance in Science through CTL. Research method was using action research. The subjects were students from grade 6A and 6B of Sekolah TMI, Academic Year 2009/2010. It was held in 3 (three) cycles. First cycle held with student’s activity in observe some flowers; those were in school garden and Science Laboratory. Second cycle, students did observation using flower and through video from internet. Third cycle, students did observation and plants some non flowering plants in school garden. The result was show that (1) science lesson plans arrangement from Cycle I to Cycle III was perfectly based on CTL, (2) implementation of learning using CTL components was advance from Cycle I to Cycle III, (3) students activities also advance, from 67,4% in Cycle I rose to 100% in Cycle III, (4) students learning achievement advance from Cycle I with the score average 68,28, rose into 75,33 in Cycle II and rose again into 81,96 in Cycle III.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: tik9 . Digilib
Date Deposited: 24 Jan 2016 06:45
Terakhir diubah: 24 Jan 2016 06:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19273

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir