STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU ANTARA PEMBELAJARAN MODEL MIND MAPPING DAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEMPERHITUNGKAN SIKAP SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPS TERPADU (Studi Pada Kelas VIII SMP Satya Dharma Sudjana PT Gunung Madu Plantations Tahun Pelajaran 2012/2013)

Mulyono, Risa Octa Ana (2013) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU ANTARA PEMBELAJARAN MODEL MIND MAPPING DAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEMPERHITUNGKAN SIKAP SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPS TERPADU (Studi Pada Kelas VIII SMP Satya Dharma Sudjana PT Gunung Madu Plantations Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (298Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (222Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 1.pdf - Published Version

Download (168Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (288Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (261Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (565Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (59Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2879Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran mind mapping dan model pembelajaran group investigation dengan memperhatikan sikap siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 172 siswa dengan jumlah sampel 56 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu observasi, dokumentasi, tes angket. Pengujian hipotesis 1 dan 4 menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan pengujian hipotesis 2 dan 3 menggunakan rumus t-test dengan separated varian. Hasil penelitian menjukkan bahwa: 1. Fhitung > Ftabel yaitu (5,496) > (4,13) dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS Terpadu antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran mind mapping lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran group investigation. 2. thitung > ttabel yaitu ( 4,000) > (2,11) dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rerata hasil belajar IPS Terpadu antara siswa yang memiliki sikap positif siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu yang diajara menggunakan model pembelajaran mind mapping lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran group investigation. 3. thitung < ttabel yaitu (1,798) < (2,11) dengan demikian H0 diterima dan Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rerata hasil belajar siswa yang memiliki sikap negatif siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu yang diajar menggunakan model pembelajaran mind mapping lebih tinggi dibandingkan yang diajar menggunakan model pembelajaran group investigation. 4. Fhitung > Ftabel yaitu (2,677) < (4,13) dengan demikian H0 diterima dan Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rerata hasil belajar pada siswa yang memiliki sikap positif dan negatif yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe mind mapping lebih tinggi dibandingkan yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe group investigation. Kata kunci: Hasil Belajar, Mind Mapping, GI, Sikap Siswa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 08 Jan 2014 04:52
Terakhir diubah: 08 Jan 2014 04:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir