POLA KOMUNIKASI ORGANISASI GRUP PADUAN SUARA MAHASISWA DALAM KADERISASI KEANGGOTAAN (STUDI PADA PADUAN SUARA MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG)

0616031022, CITRA CINTYA (2012) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI GRUP PADUAN SUARA MAHASISWA DALAM KADERISASI KEANGGOTAAN (STUDI PADA PADUAN SUARA MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Citra Cintya FISIP Ilmu Komunikasi 2006.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar isi.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Panduan Wawancara.pdf

Download (214Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI CITRA CINTYA FISIP ILMU KOMUNIKASI.pdf

Download (500Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Setiap hari manusia selalu berhubungan dengan organisasi. Mulai dari lingkup terkecil, sampai yang terbesar. Dengan berkomunikasi, masing-masing individu dalam organisasi dapat bertukar pesan sehingga terbentuk suatu persamaan persepsi dan keselarasan dalam kegiatan yang telah dirancang. PSM Unila merupakan salah satunya, kegiatan yang telah dirancang tidak akan dapat terealisasi dengan baik tanpa komunikasi yang baik antara seluruh pihak yang terkait didalamnya. Terutama pada kegiatan kaderisasi yang merupakan penunjangan berlangsungnya PSM Unila kedepan sehingga pola komunikasi yang dijalankan haruslah benar-benar tepat guna. Hal inilah yang menarik peneliti untuk mengetahui pola komunikasi yang berlangsung di PSM Unila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi organisasi dalam kaderisasi keanggotaan menjelang perekrutan calon anggota baru Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Lampung. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan yang dipilih berjumlah 3 (tiga) orang, yang merupakan pengurus inti Paduan Suara Mahasiswa Universitas Lampung dengan menggunakan sampel purposif (purposive sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi berpartisipasi, wawancara dan studi dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan Pola komunikasi yang berlangsung di PSM Unila adalah komunikasi formal dan non formal, komunikasi horizontal yaitu komunikasi antara pengurus inti dan komunikasi kebawah dengan koordinator bidang dan anggota UKM PSM Unila. Langkah-langkah yang dilakukan adalah; rapat inti, rapat bersama, rapat koordinasi awal, rapat koordinasi akhir, performance, pendekatan dan promo di fakultas, pendaftaran, seleksi, pengumuman, latihan dan pengenalan anggota baru. Pola komunikasi yang terjadi pada saat penerimaan adalah berupa promo, instruksi dari anggota kepada calon anggota mengenai seleksi dan pengumuman. Lalu pada saat pelatihan, terjadi komunikasi untuk mendukung kesiapan latihan dan menjelang penampilan, komunikasi berbentuk instruksi yaitu pola komunikasi ke bawah. Evaluasi dilakukan bersama-sama dalam rapat koordinasi setelah kegiatan-kegiatan yang dikerjakan dan diakhir priode kepengurusan dalam musyawarah bersama (mubes). Kata kunci : Pola Komunikasi, Kaderisasi Keanggotaan

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: tik . 8
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:50
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 03:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19354

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir