ANALISIS UNDERPRICING DAN OVERPRICING SAHAM SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA PADA

0611011074, IRENE AYU ANGGRAENI (2010) ANALISIS UNDERPRICING DAN OVERPRICING SAHAM SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA PADA. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LANDASAN TEORI.pdf

Download (188Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
METODELOGI PENELITAN.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PEMBAHASAN DAN KESIMPULAN.pdf

Download (323Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PENDAHULUAN.pdf

Download (204Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Melakukan penawaran umum (go public) merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan perusahaan dalam usaha untuk mengembangkan perusahaannya atau ekspansi usaha. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka penawaran umum penjualan saham perdana disebut IPO (Initial Public Offering). Pada saat perusahaan akan melakukan penawaran perdana (Initial Public Offering), perusahaan harus membuat prospektus. Harga saham pada saat penawaran perdana ditentukan berdasarkan kesepakatan antara perusahaan atau emiten dengan underwriter (penjamin emisi efek). Dalam melakukan proses penawaran perdana (initial public offering) pasti terjadi fenomena underpricing dan overpricing. Tetapi kebanyakan fenomena underpricing yang kerap kali terjadi pada saat IPO. Fenomena ini terjadi di hampir seluruh pasar modal dunia termasuk juga Indonesia. Dalam beberapa penelitian sebelumnya menunjukan hasil-hasil yang berbeda dan cenderung tidak konsisten. Oleh karena itu mendorong untuk dilakukannya penelitian kembali mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi Harga IPO. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel reputasi underwriter, ukuran perusahaan, persentase saham yang ditawarkan, dan umur perusahaan terhadap harga saham pada saat IPO. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari Januari 2006 sampai dengan Desember 2008. Data yang dipakai dalam penelitian ini merupakan data sekunder yaitu data harga saham, data keuangan dan prospektus perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 perusahaan yang melakukan penawaran perdana pada periode tahun 2006-2008. Penelitian ini menggunakan metode regresi berganda. Irene Ayu Anggraeni Hasil penelitian diketahui bahwa proporsi perusahaan yang mengalami underpricing pada periode tahun 2006-2008 lebih banyak jika dibandingkan dengan perusahaan yang mengalami overpricing pada periode itu. Dengan variabel dependen harga IPO, sedangkan variabel independennya adalah reputasi underwriter, ukuran perusahaan, persentase saham yang ditawarkan, serta umur perusahaan. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa nilai signifikansi pada uji F diketahui sebesar 0,004 yang berarti lebih kecil dari tingkat signifikansi yaitu 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa variabel independen secara serentak mempengaruhi variabel dependen. Sedangkan hasil uji t menunjukan bahwa hanya variabel reputasi underwriter yang berpengaruh signifikan terhadap harga IPO dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Dan berdasarkan hasil koefisien regresi dapat diketahui bahwa besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 32,2%, Sedangkan sisanya 67,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam persamaan di penelitian ini. Kata Kunci : IPO, Underpricing, Overpricing, Harga IPO, Reputasi Underwriter, Ukuran Perusahaan, Persentase Saham yang ditawarkan, Umur Perusahaan. Abstract Conduct a public offering is one alternative that can be done by the company in an effort to develop a company or business expansion. Activities undertaken within the framework of initial public offering of shares sold is called IPO (Initial Public Offering). At the time the company will conduct initial public offerings (IPO), the company must make a prospectus. The stock price at the time of initial offering is determined by agreement between the companies or issuers with the underwriters. In the process of initial public offerings must occur of underpricing and overpricing. But most of the underpricing phenomenon that often occurs at the time of the IPO. This phenomenon occurs in almost all world stock markets including Indonesia. In some previous studies showed different results and tend to be inconsistent. Therefore encouraged to re-do the research regarding the factors that influence the IPO price. This research was conducted to determine how the influence of underwriter reputation variable, firm size, percentage of shares offered, and age of firms to the stock price at the IPO. The population in this research is that companies listing on the Indonesia Stock Exchange (IDX) from January 2006 until December 2008. Data used in this research is secondary data which share price data, company financial data and prospectuses. The sample used in this study were 50 companies that make initial public offerings in the period 2006-2008. This study uses multiple regression. The results reveal that the proportion of companies that experience underpricing in the period 2006-2008 compared with more experienced companies overpricing in this period. With the IPO price as dependent variable, whereas the independent variable is underwriter reputation, firm size, percentage of shares offered, and age of the company. A result that we can know that the value of unknown significance on the F test of 0.004 which is smaller than the significance level is 0.05 and it can be concluded that the independent variables affect dependent variables simultaneously. Whereas the t test results showed that only underwriter reputation variables which significantly influence the IPO price to the significant value of 0.000 (p <0.05). And based on the results of the regression coefficient is known that the independent variables influence the dependent variable at 32.2%, while the remaining 67.8% were influenced by other variables not included in the equation in this study. Keywords: IPO, Underpricing, Overpricing, Prices IPO, Underwriter Reputation, Company Size, Percentage of shares offered, Age Company.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Ekonomi Pembangunan
Pengguna Deposit: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:23
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 04:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19481

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir