KONFLIK DALAM NOVEL 5 CM KARYA DONNY DHIRGANTORO DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

0513041035, MITA SUCIATI (2012) KONFLIK DALAM NOVEL 5 CM KARYA DONNY DHIRGANTORO DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kartu konsultasi.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Sinopsis Novel 5 cm Karya Donny Dhirgantoro.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsiku.pdf

Download (553Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Sanwacana.pdf

Download (102Kb) | Preview

Abstrak

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah konflik dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik yang terdapat dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro dan menetapkan kelayakan novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro sebagai bahan ajar sastra Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel yang berjudul 5 cm karya Donny Dhirgantoro. Data berupa unit-unit teks pada novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro. Teks tersebut berupa paparan bahasa yang menggambarkan konflik yang terkandung di dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro. Hasil penelitian novel 5 cm ditemukan konflik berupa konflik manusia dengan dirinya sendiri (konflik batin), konflik manusia dengan manusia, dan konflik 2 manusia dengan alam. Pada novel 5 cm tidak ditemukan adanya konflik manusia dengan masyarakat. Konflik utama dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro yaitu konflik manusia dengan dirinya sendiri. Konflik utama berupa pertentangan dalam diri lima tokoh (Arial, Genta, Ian, Riani, dan Zafran) untuk tetap berada dalam dunia mereka (komunitas lima sahabat) atau memilih keluar, melihat dunia luar, keluar dari zona nyaman. Konflik utama tersebut memicu timbulnya konflikkonflik lain dalam alur novel 5 cm. Novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro layak dijadikan sebagai bahan ajar sastra Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA) karena sesuai dengan kriteria pemilihan bahan pembelajaran, yaitu dilihat dari aspek bahasa, aspek psikologis, dan aspek latar belakang budaya.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: tik9 . Digilib
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:29
Last Modified: 25 Jan 2016 04:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19507

Actions (login required)

View Item View Item