Implementasi Program Pengembangan Masyarakat (Community Develepment) Melalui Pola Kemitraan Pada Sektor Privat (Studi Pada Unit Usaha Bekri, PTPN VII (Persero)

NN, Muhammad Guntur Purboyo (2012) Implementasi Program Pengembangan Masyarakat (Community Develepment) Melalui Pola Kemitraan Pada Sektor Privat (Studi Pada Unit Usaha Bekri, PTPN VII (Persero). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
Skripsi Lengkap (Muhammad Guntur Purboyo) Implementasi CD Mel Pola Kemitraan Pd sektor PRIVAT.pdf

Download (906Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I-VI.pdf

Download (468Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
san wacana.pdf

Download (215Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Program community development yang dilakukan sektor privat adalah bagian dari CSR. CSR merupakan wujud nyata komitmen sektor privat dalam mendukung sustainable development. Realisasi program community development umumnya bersifat filantropi dan pendekatan yang dilakukan belum memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan kapasitasnya, membangun kesadaran kritis dan memandirikan mereka. Analisis ini menggunakan altelnatif development yang tidak hanya menitikberatkan pada keterlibatan dan partisipasi namun berupaya memampukan masyarakat untuk melindungi kepentingannya. Kompleksitas dalam penelitian ini lebih tepat jika menggunakan metode penelitian kualitatif. Strategi dalam penelitian ini mengunakan studi kasus yang bersifat spesifik kasus dan berskala lokal. Informan ditentukan secara perposive sample yaitu mereka yang berkompeten dan berkenaan langsung dengan kemitraan sawit di PTPN VII. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi dokumentasi dan deept interview. Teknis analisis data menggunakan deskriptive analisys dengan cara mereduksi data, menyajikan dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Implementasi kemitraan dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Program ini tidak bersifat filantropi tetapi pemberdayaan yang saling menguntungkan (simbiosis mutualiame). Dilakukan Penguatan organisasi lokal dan sosialisasi diterapkan melaui ketua KUD/KUB/KT sebagai wakil dari calon petani mitra. Pendanaan diambil dari dua sumber yakni, dana PUKK dan dana murni PTPN VII. Mengenai pelaksanaannya, petani mitra mendapatkan bimbingan secara berkala yang dilakukan dalam periode tiga bulan sekali, satu bulan sekali, dan setiap hari oleh PTPN VII dan Disbun Tk.II Lamteng. Hal ini tidak terlepas dari masalah, diantaranya sistem pasar tertutup yang diciptakan oleh PTPN VII membuat petani merasa kurang nyaman. Penanggulangan masalah dilakukan dengan pertemuan guna merumuskan penyelesaiannya, jika dibutuhkan perombakan perjanjian maka akan disesuaikan. Hasil dari kemitraan dapat dilihat dari peningkatan pendapatan, pengetahuan, pendidikan para petani mitra dan penguatan organisasi lokal masyarakat. Sikap filantropi dari community development berhasil dikaburkan dengan adanya program ini. Pelibatan masyarakat menciptakan rasa memiliki terhadap program dan berusaha menjaga keberlangsungannya

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: tik . 8
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:37
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 04:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19527

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir