PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

0713021028, Iim Abdul Karim (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0713021028-ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713021028-KESIMPULAN.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713021028-PENDAHULUAN.pdf

Download (61Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan pembelajaran kooperatif yang memiliki empat langkah kegiatan utama yaitu penomoran, pengajuan pertanyaan, berpikir bersama dan pemberian jawaban. Pada proses pembelajran setiap siswa dalam kelompok memiliki nomor yang berbeda dan kemampuan akademik yang heterogen. Kemudian setiap anggota kelompok diberikan tanggung jawab untuk memecahkan masalah atau soal dalam kelompoknya dan diberikan kebebasan mengeluarkan pendapat tanpa merasa takut salah. Dari uraian di atas tampak bahwa pembelajaran NHT dapat mengarahkan siswa untuk aktif langsung dalam pembelajaran, dengan demikian akan mempengaruhi hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan populasi meliputi seluruh siswa kelas XI IPA semester genap SMAN 13 Bandar Lampung yang terdiri dari Iim Abdul Karim tiga kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak menurut kelas. Sampel terbagi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik Analisis data meliputi uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan metode Chikuadrat dan uji homogenitas dengan metode Bartlett serta uji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan analisis data hasil belajar dapat disimpulkan, hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik secara nyata dibandingkan hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan pem- belajaran konvensional, atau dengan kata lain bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Jan 2016 05:07
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 05:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19624

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir