EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA PEMBELAJARAN DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

0713021038, Meilani Adriyani (2016) EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA PEMBELAJARAN DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0713021038-abstrak.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713021038-kesimpulan.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713021038-pendahulua.pdf

Download (61Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran dengan PMR menggunakan masalah riil sebagai titik awal dalam pembelajaran matematika dan melibatkan siswa dalam aktivitas belajar yang akan membantu mereka mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata. Hal ter- sebut akan memberi pengetahuan kepada siswa mengenai kegunaan dari mate- matika dalam kehidupan sehari-hari dan siswa akhirnya akan merasa perlu untuk mempelajarinya, sehingga mereka mudah memahami konsep matematika dan ber- dampak baik pada hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk me- ngetahui efektivitas PMR pada pokok bahasan lingkaran yang ditinjau dari aktivi- tas dan hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah se- luruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung. Sampel diambil secara acak dan diperoleh kelas VIII D dan E. Data penelitian diperoleh melalui obser- Meilani Adriyani vasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi ak- tivitas dan perangkat tes. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa dari 66 siswa yang mengikuti pembelajaran dengan PMR terdapat 56 siswa aktif dan 42 siswa tuntas belajar. Berdasarkan hasil uji proporsi menggunakan uji-z diketahui bahwa persentase sis- wa aktif lebih dari atau sama dengan 65% dan persentase siswa tuntas belajar le- bih dari atau sama dengan 50%. Dengan demikian PMR efektif diterapkan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung semester genap T.P 2010/2011.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Jan 2016 06:57
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 06:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19634

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir