0713022036, Lailatus Syarifah Kurniasari (2016) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA. Digilib Library.
|
File PDF
0713022036-abstrak.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0713022036-kesimpulan.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0713022036-pendahuluan.pdf Download (64Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Keberhasilan dalam proses belajar mengajar dipengaruhi oleh motivasi belajar yang dimiliki siswa dan juga penguasaan konsep yang diperoleh siswa. Berkenaan dengan motivasi dan penguasaan konsep dapat dibangun dengan mengajak siswa untuk berinterkasi secara baik. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang mampu menciptakan interaksi yang baik sehingga dapat membangkitkan motivasi dan membangun penguasaan konsep siswa. Model pembelajaran ARIAS merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi dan mampu membantu siswa dalam menguasai suatu konsep materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS terhadap motivasi belajar, dan model pembelajaran ARIAS terhadap penguasaan konsep, serta ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar siswa terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam waktu 4x45 menit. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor N-gain rata-rata motivasi belajar siswa 0,38 (kategori rendah) dengan kenaikan skor rata-rata sebesar 19,54% dan rata-rata skor N-gain penguasaan konsep sebesar 0,68 (kategori sedang). Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 17.0, hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga data terdistribusi normal dan linier. Selanjutnya untuk menguji pengaruh dilakukan dengan uji korelasi dan regresi linear sederhana. Dari hasil analisis data bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara : (1) penerapan pembelajaran ARIAS terhadap motivasi belajar yang ditunjukkan oleh nilai sig pada motivasi adalah sebesar 0,031, dengan koefisien korelasi sebesar 0,355 dan dengan persamaan regresi Y 1 = 0,091 + 0,020X, dan (2) penerapan pembelajaran ARIAS terhadap penguasaan konsep fisika siswa nilai sig pada penguasaan konsep 0,001, dengan koefisien korelasi sebesar 0,519, dan dengan persamanaan regresi Y 2 0,251 + 0,030X, serta (3) ada hubungan yang positif dan signifikan motivasi belajar dengan penguasaan konsep fisika siswa pada nilai sig sebesar 0,016 dengan koefisien korelasi 0,394.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 06:58 |
Terakhir diubah: | 25 Jan 2016 06:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19641 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |