PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP IKATAN KIMIA ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA SMA GAJAH MADA 2010/2011

0713023051, WIRASTA UTAMI (2016) PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP IKATAN KIMIA ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA SMA GAJAH MADA 2010/2011. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0713023051-abstrak.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713023051-kesimpulan.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713023051-pendahuluan.pdf

Download (44Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi di SMA Gajah Mada Bandar Lampung diketahui bahwa pembelajaran di sekolah tersebut masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan diskusi. Pembelajaran seperti itu kurang membimbing siswa untuk dapat memahami konsep ikatan kimia serta melatih kemandirian belajarnya. Oleh karena itu, peneliti merancang pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis keterampilan generik sains dengan menggunakan media animasi. Tujuan penelitian ini adalah menentukan bagaimanakah perbedaan rata-rata penguasaan konsep ikatan kimia antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis keterampilan generik sains dengan yang diberi pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini adalah 42 orang siswa kelas X 3 eksperimen 1 dan 41 orang siswa kelas X 6 sebagai kelas sebagai kelas eksperimen 2. Desain penelitian yang digunakan adalah Matched Group Design, yaitu dengan mengadakan keseimbangan kondisi terhadap kedua kelompok eksperimen. Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan rata-rata penguasaan konsep ikatan kimia antara pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis keterampilan generik sains dengan pembelajaran konvensional, (2) rata-rata penguasaan konsep ikatan kimia siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis KGS lebih tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran konvensional.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Jan 2016 07:01
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 07:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19649

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir