PENGARUH MINAT BACA, PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDANG LAMPUNG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011

0713031001, ANDI SELVIANA (2016) PENGARUH MINAT BACA, PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDANG LAMPUNG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0713031001-abstrak.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713031001-kesimpulan.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713031001-pendahuluan.pdf

Download (48Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil belajar merupkan hasil yang diperoleh siswa yang merupakan gambaran dari penguasaan materi yang telah diajarkan, yang diwujud dalam bentuk skor atau angka setelah mengikuti tes yang dilakukan pada saat berakhirnya proses pembelajaran. Hasil belajar yang tinggi merupakan gambaran dari keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Hasil belajar yang rendah merupakan gambaran belum berhasilnya proses belajar mengajar. Hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Bandar Lampung tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai uji blok dari 215 siswa kelas VIII yang memperoleh nilai diatas 68 hanya mencapai 80 siswa (37,20%). Faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar IPS Terpadu tersebut antara lain minat baca, pemanfaatan sumber belajar dan lingkungan belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca, pemanfaatan sumber belajar dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelasa VIII SMP Negeri 6 Bandar Lampung semester ganjil Tahun Ajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 215 orang, dengan menggunakan rumus Slovin dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 140 orang yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling. Pengujian untuk hipotesis 1, 2 dan 3 menggunakan uji t dan hipotesis 4 menggunakan uji F. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1. Ada pengaruh minat baca terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Bandar Lampung semester ganjil Tahun Ajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukka dengan t hitung > t tabel yaitu 7,031 > 1,977 yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh minat baca. 2. Ada pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Bandar Lampung semester ganjil Tahun Ajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukka dengan t hitung > t tabel yaitu 4,431 > 1,977 yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh pemanfaatan sumber belajar. 3. Ada pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Bandar Lampung semester ganjil Tahun Ajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukka dengan t hitung > t tabel yaitu 4,438 > 1,977 yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh lingkungan belajar. 4. Ada pengaruh minat baca, pemanfaatan sumber belajar dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Bandar Lampung semester ganjil Tahun Ajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukka dengan uji F yang menunjukkan bahwa F hitung > F tabel yaitu 31,244 > 2,671 yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh minat baca, pemanfaatan sumber belajar dan lingkungan belajar.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Jan 2016 07:01
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 07:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19651

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir