PENGARUH LATAR BELAKANG EKONOMI ORANG TUA, PERHATIAN ORANG TUA, DAN DISIPLIN BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 4 PADANG CERMIN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0713031015, BANITA (2016) PENGARUH LATAR BELAKANG EKONOMI ORANG TUA, PERHATIAN ORANG TUA, DAN DISIPLIN BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 4 PADANG CERMIN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digilib Library.

[img]
Preview
FIle PDF
0713031015-abstrak.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0713031015-kesimpulan.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0713031015-pendahuluan.pdf

Download (102Kb) | Preview

Abstrak

Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Dalam rangka mencapai prestasi belajar yang optimal, siswa harus menggali potensi fisik dari dalam diri maupun dari luar diri siswa. Selain itu, prestasi belajar juga dipengaruhi oleh potensi dalam diri siswa berupa semangat belajar siswa. Semangat belajar yang tinggi akan mendorong setiap aktivitas belajarnya. Oleh karena itu, prestasi belajar dapat didukung oleh latar belakang ekonomi orang tua dan rendahnya prestasi siswa karena kurangnya perhatian orang tua dan disiplin belajar siswa di rumah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah latar belakang ekonomi orang tua, perhatian orang tua, dan disiplin belajar siswa di rumah terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 4 Padangcermin Tahun A Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh positif latar belakang ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar IPS Terpadu. (2) Untuk mengetahui pengaruh positif perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPS Terpadu. (3) Untuk mengetahui pengaruh positif disiplin belajar siswa di rumah terhadap prestasi belajar IPS Terpadu. (4) Untuk mengetahui pengaruh positif latar belakang ekonomi orang tua, perhatian orang tua, dan disiplin belajar di rumah terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 4 Padangcermin Tahun Ajaran 2009/2010. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 4 Padangcermin sebanyak empat kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 152 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu proportional random sampling dengan menggunakan rumus T. Yamane didapat sampel sebanyak 110 orang. Metode yang digunakan adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh latar belakang ekonomi orang tua, perhatian orang tua, dan disiplin belajar di rumah terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 4 Padangcermin Tahun Ajaran 2009/2010. Hal ini ditunjukkan dengan F hitung = 29,256 > F tabel = 2,690 dengan koefisien korelasi (R) = 0,673 dan koefisien determinasi (R yang berarti prestasi belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh latar belakang ekonomi orang tua sebesar 45,3%. Saran berdasarkan penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS Terpadu, orang tua hendaknya meningkatkan kualitas cara mendidik anak dengan memperhatikan keteraturan siswa belajar di rumah. Membina relasi antar anggota keluarga yang baik dengan memberikan perhatian terhadap belajar siswa 2 ) = 0,453, dan menyediakan fasilitas belajar yang memadai berupa ruang belajar. Diharapkan dengan ini semua siswa lebih bersemangat dalam belajar dan merasa diperhatikan oleh orang tuanya sehingga akan meningkatkan disiplin belajarnya, yang akhirnya akan meningkatkan prestasi belajarnya.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Jan 2016 07:04
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 07:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19656

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir