PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 KALIREJO LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2010/2011

0713031043, RITA LESTARI (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 KALIREJO LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2010/2011. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0713031043-abstrak.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713031043-kesimpulan.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713031043-pendahuluan.pdf

Download (110Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Guru merupakan faktor kunci dalam keberhasilan pendidikan di sekolah. Secara umum mutu pendidikan yang baik menjadi tolak ukur bagi keberhasilan kinerja yang ditunjukkan guru. Kinerja guru akan menjadi optimal, apabila diintegrasikan dengan komponen sekolah baik kepala sekolah, fasilitas kerja, guru, karyawan, maupun anak didik. Namun, dalam pelaksanaan tugas mendidik, guru memiliki sifat dan perilaku yang berbeda, ada yang bersemangat dan penuh tanggung jawab, juga ada guru yang dalam melakukan pekerjaan itu tanpa dilandasi rasa tanggung jawab. Dengan adanya guru yang mempunyai kinerja rendah, sekolah akan sulit untuk mencapai hasil seperti yang diharapkan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja guru, diantaranya adalah kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja. pakah ada pengaruh positif kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di SMA Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru; (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 50 orang guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah disproportionate stratified random sampling dengan menggunakan rumus T. Yamane dan diperoleh sampel sebanyak 44 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Untuk pengujian hipotesis pertama dan kedua digunakan rumus regresi linier sederhana dengan uji t dan untuk menguji hipotesis ketiga, digunakan model regresi linier multipel dengan uji F. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah Tahun Ajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan F hitung = 31,892 > F tabel = 4,062 dengan koefisien korelasi (R) =0,780 dan koefisien determinasi (R ) = 0,609 yang berarti kinerja guru dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja sebesar 60,9%. 2 Saran berdasarkan penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru adalah hendaknya kepala sekolah lebih memperhatikan bawahan dan selalu mengembangkan kualitas kepemimpinannya melalui program pembinaan kemampuan tenaga kependidikan, selain itu pihak sekolah juga hendaknya menciptakan lingkungan kerja yang kondusif untuk memberikan kenyamanan bagi guru dalam bekerja. Karena kinerja guru akan menjadi optimal apabila diintegrasikan dengan komponen sekolah, baik kepala sekolah, fasilitas kerja,

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Jan 2016 07:05
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 07:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19658

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir