PERANAN KETUA KELOMPOK TANI DALAM ADOPSI INOVASI BUDIDAYA JARAK PAGAR (Jatropha curcas. L) SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF DI DESA BABATAN KECAMATAN KATIBUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

NN, Marweta Baherta (2010) PERANAN KETUA KELOMPOK TANI DALAM ADOPSI INOVASI BUDIDAYA JARAK PAGAR (Jatropha curcas. L) SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF DI DESA BABATAN KECAMATAN KATIBUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. digital library.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Dalam.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
I.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
II.pdf

Download (190Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
III.pdf

Download (167Kb) | Preview
[img] Text
IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155Kb)
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (244Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengeshan.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERANAN KETUA KELOMPOK TANI.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peranan ketua kelompok tani dalam adopsi inovasi budidaya jarak pagar sebagai bahan bakar alternatif, (2) Hubungan antara peranan ketua kelompok tani dengan tingkat adopsi inovasi budidaya jarak pagar sebagai bahan bakar alternatif, (3) Peubah peranan ketua kelompok tani yang paling berhubungan dengan tingkat adopsi inovasi budidaya jarak pagar sebagai bahan bakar alternatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Babatan Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada januari 2010 sampai dengan maret 2010. Sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini diambil dari populasi anggota kelompok tani jarak pagar yang berjumlah 150 orang anggota. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Random Sampling, sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 60 orang yang terbagi ke dalam 6 kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survai, sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan untuk menguji hipotesis menggunakan statistik non parametrik Uji Korelasi Parsial Kendall. Hasil penelitian ini adalah (1) Peranan ketua kelompok tani termasuk dalam klasifikasi sedang, (2) Tingkat adopsi inovasi budidaya jarak pagar termasuk dalam klasifikasi sedang, (3) Terdapat hubungan yang nyata antara peranan ketua kelompok tani sebagai pembantu penyuluh, sebagai motivator dan sebagai komunikator dengan tingkat adopsi inovasi budidaya jarak pagar, sedangkan antara peranan ketua kelompok tani sebagai pemimpin, sebagai pelopor dan sebagai teladan dengan tingkat adopsi inovasi budidaya jarak pagar tidak terdapat hubungan nyata, (4) Peranan ketua kelompok tani yang paling berhubungan dengan adopsi inovasi budidaya jarak pagar adalah peranan ketua kelompok tani sebagai motivator.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas Pertanian
Depositing User: tik21 . Digilib
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:49
Last Modified: 25 Jan 2016 08:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19902

Actions (login required)

View Item View Item