FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANTAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn ANGKATAN 2007 DENGAN GURU PAMONG DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN TAHUN 2010

0713032031, EVI YUSTIANA (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANTAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn ANGKATAN 2007 DENGAN GURU PAMONG DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN TAHUN 2010. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0713032031-ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713032031-KESIMPULAN.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713032031-PENDAHULUAN.pdf

Download (54Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Guru merupakan salah satu komponen yang sangat berperan dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Tugas dan tanggung jawab seorang guru bukan hanya mentransformasikan ilmu pengetahuan, tetapi juga sosok yang harus diteladani dan diikuti dalam melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran secara profesional. Untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara profesional, guru harus memiliki kemampuan dan keterampilan mengajar secara teori dan praktek. Kemampuan melaksanakan pembelajaran merupakan perpaduan antara kemampuan intelektual, keterampilan melaksanakan pembelajaran, bakat dan seni. Kemampuan intelekual dapat dipelajari dari teori pendidikan dan teori belajar dan pembelajaran. Sedangkan bakat dan seni melaksanakan pembelajaran dapat dikembangkan melalui berbagai pengalaman pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berkomunikasi antar mahasiswa Progran Studi PPKn angkatan 2007 Universitas Lampung dengan guru pamong dalam melaksanakan Program Pengalaman Lapangan Tahun 2010. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif. Teknik pokok menggunakan angket. Penelitian ini termasuk dalam penelitian populasi yang berjumlah 39 orang responden dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan faktor ekstrinsik terdapat 23,1% responden kategori sangat berpengaruh, 41,1% responden kategori cukup berpengaruh dan 35,8% responden kategori kurang berpengaruh. Faktor instrinsik terdapat 58,9% responden kategori sangat berpengaruh, 23,1% responden kategori cukup berpengaruh dan 18% tergolong kategori kurang berpengaruh. Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan faktor yang lebih dominan yaitu faktor instrinsik. Mahasiswa dalam berkomunikasi dengan pamong lebih memperhatikan keberanian, isi pesan yang akan disampaikan, intensitas pertemuan dan cara penyampaian.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:53
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 08:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19908

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir