PERANAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN SIKAP DAN PARTISIPASI POLITIK SISWA DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0713032032, FERA AGUSTINA ANDRIYANI (2016) PERANAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN SIKAP DAN PARTISIPASI POLITIK SISWA DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0713032032-abstrak.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713032032-kesimpulan.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0713032032-pendahuluan.pdf

Download (40Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini menjelaskan peranan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sebagai sarana pembentukan sikap dan partisipasi politik siswa di SMA N 9 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas XI yang . Teknik pokok digunakan adalah angket, sedangkan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik penunjang. Populasi penelitian 149 siswa dan sampelnya adalah 38 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan pembelajaran PKn 2 responden atau 5,26% siswa kategori kurang berperan, 14 responden atau 36,84% siswa kategori cukup berperan, 22 responden atau 57,90% siswa kategori sangat berperan. Mengenai sikap politik siswa diketahui 12 responden atau 31,60% siswa kategori kurang aktif, 7 responden atau 18,40% siswa kategori cukup aktif, 19 responden atau 50% siswa kategori sangat aktif. Mengenai partisipasi politik siswa diketahui 12 responden atau 31,60% siswa kategori kurang aktif, 7 responden atau 18,40% siswa kategori cukup aktif, 19 responden atau 50% siswa kategori sangat aktif. Hasil pengujian tingkat keeratan peranan termasuk kedalam kategori tinggi. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif. Berdasarkan analisis hasil penelitian bahwa peranan pembelajaran PKn sudah cukup baik. Namun, guru PKn perlu menekankan lagi penanaman sikap dan partisipasi politik yang baik bagi siswa serta guru PKn harus mampu menjadi teladan bagi siswa supaya siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Jan 2016 12:16
Terakhir diubah: 25 Jan 2016 12:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19915

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir