IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA GEDUNG-GEDUNG DI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS LAMPUNG

NN, YUNDA HENINGTYAS (2010) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA GEDUNG-GEDUNG DI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
Text
data abstrak.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351Kb)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar gambar.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar tabel.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (2543b) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
riwayat hidup.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
sanwacana.pdf

Download (13Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak ugmented reality dapat diterapkan pada berbagai bidang antara lain tata letak perencanaan kota dalam bidang arsitektur, aliran lava gunung berapi dalam bidang vulkanologi, dan sebagainya. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah tangible interface. Metode ini dapat memberikan bentuk fisik pada data digital. Aplikasi menggunakan fungsi-fungsi dalam library ARToolKit untuk menampilkan objek virtual yang diinginkan. Objek dibuat dengan perangkat lunak desain 3D kemudian diload untuk menambahkan objek virtual pada lingkungan nyata secara real time. Dalam penelitian ini, teknologi augmented reality diterapkan pada gedung-gedung di lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung. Aplikasi ini dapat melihat gedung virtual dari segala arah, menampilkan informasi jurusan, dan lokasi setiap gedung. Hasil analisis yang diperoleh adalah teknologi ini dapat diterapkan pada gedung-gedung FMIPA secara virtual. Kata kunci: Aplikasi AR, ARMIPA, ARToolKit, Augmented Reality, Virtual Abstract Augmented reality can be utilized for various fields, such as the layout of city planning in the field of architecture, volcanic lava flows in the field of volcanology, and so forth. One method that can be used in augmented reality is a tangible interface. This method can reflect physical based on digital data. Applications used the functions in the ARToolKit library to display a desired virtual object. Objects created using 3D design software and then are loaded to add virtual objects in a real environment and in the real time. In this research, augmented reality technology is applied to form the buildings environment at the Faculty of Mathematics and Science (FMIPA) Lampung University. This application can view the virtual building from all side, the information direction, and location of each building. The results analysis indicate that the augmented reality technology can be applied to builds of virtual FMIPA environment. Keywords: AR Applications, ARMIPA, ARToolKit, Augmented Reality, Virtual

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 25 Jan 2016 13:13
Last Modified: 25 Jan 2016 13:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20056

Actions (login required)

View Item View Item