NN, RENY SEPTIANI (2012) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENULIS DESKRIPSI BERBAHASA LAMPUNG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SUKARAMEDUA BANDAR LAMPUNG. Digital Library.
|
File PDF
Abstrak Ind & Ing.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (305Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (196Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (564Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN DEPAN.pdf Download (260Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERBAIKAN.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENERAPAN PENDEKATAN Contextual Teaching And.pdf Download (564Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstract Tujuan penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) penyusunan RPP mata pelajaran Bahasa Lampung dengan menggunakan CTL, (2) pelaksanaan proses pembelajaran Bahasa Lampung dengan CTL, (3) pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan CTL yang dilakukan Mulok Bahasa Lampung, dan (4) peningkatan prestasi belajar siswa Mulok Bahasa Lampung kelas 5 SD N 1 Sukaramedua Bandar Lampung dengan CTL. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tindakan (action research) dengan penekanan terhadap proses pembelajaran Bahasa Lampung siswa kelas 5 SDN 1 Sukaramedua Bandar Lampung. Objek penelitian adalah siswa kelas 5 A dan 5 B pada Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 60 siswa, terdiri dari 34 putri dan 26 putra. Penelitian ini dilakukan dalam 3 (Tiga) siklus. Siklus pertama, sisw melakukan pengamatan secara langsung pada gambar disekitar kelas. Siklus kedua, siswa melakukan pengamatan langsung pada gambar dan benda nyata di dalam kelas. Siklus ketiga siswa melakukan pengamatan secara langsung di lingkungan sekolah dan melakukan kegiatan menulis deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan penyusunan RPP Bahasa Lampung dengan menggunakan CTL dari Siklus 1 sampai dengan Siklus 3, (2) Terjadi peningkatan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Lampung dengan CTL yang pada Siklus 1 komponen CTL sebagian digunakan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran meningkat menjadi seluruhnya digunakan pada Siklus 3, (3) Terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Lampung di SDN 1 Sukaramedua Bandar Lampung yang pada Siklus 1 masih ada 55 % siswa yang tidak aktif atau 45% siswa yang aktif mengikuti pembelajaran. Pada Siklus 3 terdapat 76,66% siswa aktif mengikuti pembelajaran atau mengalami peningkatan 31,6%, dan (4) Terjadi peningkatan prestasi belajar Bahasa Lampung kelas 5 SDN 1 Sukaramedua Bandar Lampung dari Siklus 1 sampai dengan Siklus 3. Pada Siklus 1 nilai rata-rata siswa adalah 62,66. Pada Siklus 2 nilai rata-rata siswa adalah 67,25 yang berarti meningkat 4,59% dari nilai rata-rata Siklus 1. Pada Siklus 3 nilai rata-rata siswa 79,41 yang berarti mengalami peningkatan sebesar 12,16% dari Siklus 2 atau mengalami peningkatan 16,75% dari Siklus 1 pembelajaran Mulok Bahasa Lampung dengan CTL. Abstract The general purpose of this research was describe : 1) formation of lesson plan using CTL , 2) learning process, 3) learning evaluation, 4) progress of grade 5 student’s learning activity in Lampung language at SDN 1 Sukarame dua, trough CTL. Action Research was the method used in this research, by emphasizing the student’s learning process. The research objects were all grade 5A and 5B in academic year 2009/2010, consist of 60 students ; 34 girls and 26 boys. It was held in 3 (three) cycle. First cycle held with student’s activity in observation of picturesthose were in the classroom. Second cycle, students did observation using picture and object in the classroom. Third cycle, students did observation and plant some descriptive writing of Lampung language. Research result showed that 1) there was progress in the formation of lesson plan of Lampung language lesson using CTL from 1 st cycle to 3 rd cycle, 2) there was progress in the learning process using CTL; in 1 st cycle the compenents used were just several, then in the 3rd cycle it was all used, 3) there was progress in the student learning activity; in 1 st cycle there were 55 % students not following the lesson actively or only 45% students can follow it actively. In 3 rd cycle there were 76,6% students active following the lesson, it was mean 31,6% increase from 1 st cycle to 3 rd cycle. 4) there was progress in student’s learning activity from 1 st cycle to 3 rd cycle in 1 st cycle the score average of students was 62,66. it increase become 67,25 in 2nd cycle, or 4,59% increase from the score average of 1 st cycle. In 3 rd cycle the students average was 79,41 its mean the score was increase 16,75 % from 1 st cycle in Lampung descriptive writing through CTL.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | tik 15 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 13:20 |
Terakhir diubah: | 25 Jan 2016 13:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20091 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |