NN, Karwanti (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARATIF BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI DI SMA N I SEKAMPUNG UDIK LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2009-2010. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (332Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (165Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (443Kb) |
||
|
File PDF
Bab V Simpulan.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Gambar Siklus.pdf Download (1418Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Kisi-kisi penilaian.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RPP.pdf Download (308Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TABEL edit.pdf Download (241Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menyususn perencanaan pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis teks naratif Bahasa Inggris kelas X melalui pembelajaran berbasis inkuiri, (2) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran menulis teks naratif Bahasa Inggris kelas X melalui pembelajaran berbasis inkuiri, (3) mendeskripsikan sistem evaluasi pembelajaran menulis teks naratif Bahasa Inggris kelas X melalui pembelajaran berbasis inkuiri, (4) meningkatkan kemampuan menulis teks naratif Bahasa Inggris melalui pembelajaran berbasis inkuiri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang melibatkan 80 siswa kelas X semester genap tahun pelajaran 2008/2009. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Penelitian dilakukan dengan menggunakan tiga siklus. Siklus 1 siswa dikenalkan jenis teks naratif, siswa memahami jenis teks, menentukan karakteristik teks, mencari struktur generik teks . Siklus 2 siswa menjawab pertanyaan, menulis teks secara kelompok dengan unsur bahasanya, struktur generiknya. Siklus 3 siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks ,membuat jenis teks secara individu, dengan struktur generiknya, paragrafnya, menulis outline hingga draf teks. Kesimpulan dari Penelitian ini (1) rancangan pembelajaran berbasis inkuiri yang dilakukan dengan menjelaskan komponen inkuiri yaitu; pengamatan/orientasi, merumuskan masalah, hipotesis, mengumpulkan data, dan penyimpulan. (2) adapun proses pelaksanaannya mencakup aktivitas siswa mulai dari proses inkuiri melalui tahapan-tahapan (Bkof, Mot, Jcot dan Icot) (3) evaluasi pembelajaran menggunakan skala penilaian yang ditetapkan yaitu content, organization, vocabulary, language use dan mechanics .Pada akhir siklus di kelas X.1 aktivitas siswa mencapai 78,67%, X.2 72,51%, dan siswa yang tuntas semuanya mencapai 72,07%. (4) peningkatan kemampuan menulis dilakukan dengan melihat aspekaspek dan kriteria menulis yaitu pada akhir siklus 1 dikelas X.1 dan X.2 yang berjumlah 80 siswa terdapat 45 siswa yang lulus dengan ketuntasan (56%). Siklus 2 terdapat 56 siswa yang lulus dengan prosentase (70%) terjadi peningkatan (6,52%). Siklus 3 terdapat 79 siswa yang lulus dengan ketuntasan (98%) atau meningkat (7,95%). Siklus 3 berhenti karena dari siklus 2 dan 3 ada peningkatan (6,52%) Abstract The aims of the research subject to (1) arrange learning process of inquiry of increasing writing narrative text (2) describe learning process students of writing English narrative text,(3) describe the evaluation system of inquiry based learning to increase the students of writing narrative text,(4) describe ability step-up write narrative text by sees criteria already being established deep each cycle which is: content, organization, vocabulary, language use and mechanics. This classroom action research was conducted in SMAN I Sekampung Udik with two classes as subject of the research 80 students. The two classes were taken from ten grade of the second semester. The data were collected through observation teacher’s and students activities, pre test in the first cycle and pos test in the end of each cycle. The first cycle was giving narrative teks, generics structure, characteristic text, cycle II comprehence the other narrative text, write outline, generics structure, orientation, complication, resolution. Cycle III complete the text with generics structure, write outline until draft text by knowing orientation, complication, and resolution. The conclution from the research (1) arrange lesrning process of inquiry had done by explaining inquiry steps: orientation, questioning, hipotesis, collecting data, conclution . (2) learning process include student activities from inquiry steps. (3) the evaluation from learning process from the steps are content, organization, vocabulary, language use, and mechanics. The last cycle X.1 that active student up to 78,67%, X.2 72,51% and all active student achievement 72,07%.(4) the result of writing ability was done from creteria or from the writing steps was the first cycle class X.1 and X.2 for 80 students was gotten 45 students achievement (56%) unincresing (13,62%). The second cycle were 56 students activity who get learning achievement (70,5%) increasing (6,52%). And The result of the third cycle show that 79 students achievement from class X.1 and X.2 the students active (98%) or increasing (7,95%) . the result of the third cycle stop because the sresult of the research were increasing (6,52%).
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Kimia |
Pengguna Deposit: | tik 14 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 04:24 |
Terakhir diubah: | 26 Jan 2016 04:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20242 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |