0913069021, CHRISTINA SUDARMI (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) KELAS 1 C SD FRANSISKUS 2 RAWALAUT BANDAR LAMPUNG. Digilib Library.
|
File PDF
0913069021-abstrak.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0913069021-kesimpulan.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0913069021-pendahuluan.pdf Download (39Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi penulis pada peserta didik kelas 1 C SD Fransiskus 2 Tanjungkarang Timur Bandar Lampung berjumlah 27 orang siswa. Untuk pembelajaran Membaca Menulis Permulaan (MMP) diperoleh 15 orang siswa lancar membaca dan 12 orang siswa belum lancar membaca. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas,kegiatan berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data melalui observasi, aktivitas siswa dan hasil evaluasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SAS dalam membaca permulaan di kelas 1 sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa. Siklus pertama mencapai 66,7%, siklus kedua mencapai 88,9% dari 27 siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus pertama 22% menjadi 7,4%. Demikian juga pada akhir pembelajaran siklus kedua dari 78 % manjadi 93% dari 27 siswa.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 04:31 |
Terakhir diubah: | 26 Jan 2016 04:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20299 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |