MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN METODE PUZZLE JIGSAW DI KELAS II SD NEGERI 8 GEDUNG AIR BANDAR LAMPUNG

0913069098, SITI MARFU'AH (2016) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN METODE PUZZLE JIGSAW DI KELAS II SD NEGERI 8 GEDUNG AIR BANDAR LAMPUNG. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0913069098-abstrak.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0913069098-kesimpulan.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0913069098-pendahuluan.pdf

Download (24Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa terutama pelajaran IPS di kelas II SDN 8 Gedung Air, oleh karena itu, dalam penelitian ini dibahas tentang cara meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa terutama pelajaran IPS menggunakan metode puzzle jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif, yang berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan penelitian ini terdiri dari tiga (3) siklus. Pada setiap siklus akan dilakukan tindakan dengan langkah-langkah yang mengikuti empat daur yaitu : rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pelaksanaan tindakan, dilakukan pembelajaran tematik mata pelajaran IPS dan matematika dengan menitikberatkan penggunaan metode puzzle jigsaw pada pelajaran IPS. Diawali dengan Tanya jawab tentang tugas-tugas anak di rumah, membagi siswa menjadi kelompok induk untuk kemudian dibagi lagi menjadi kelompok ahli, menyusun puzzle. Dilanjutkan dengan latihan terbimbing yaitu guru membimbing siswa berdiskusi untuk memecahkan persoalan yang diberikan guru sesuai dengan informasi yang didapat dari kelompok ahli. Tahap terakhir dari kegiatan ini adalah latihan mandiri, yaitu siswa mengerjakan tugas secara individu. Setelah tindakan dilaksanakan, maka ditemukan fakta bahwa metode pembelajaran puzzle jigsaw dapat meningkatkan presatasi belajar siswa pada pelajaran IPS. Hal ini ditunjukkan semakin meningkatnya aktivitas belajar siswa sehingga hasil evaluasi siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada setiap siklus. Hasil tes belajar siswa setelah pelaksanaan metode puzzle jigsaw menunjukkan adanya peningkatan 45% terhadap prestasi belajar siswa yaitu dari siklus pertama 53,21 mengalami peningkatan hingga mencapai rata-rata 71,89 pada siklus ketiga. Hasil ini sudah mencapai KKM sebagaimana telah ditetapkan dalam indikator keberhasilan dalam penelitian ini.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 26 Jan 2016 05:01
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 05:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20450

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir