PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS VII A SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 RAJABASA TAHUN PELAJARAN 2010-2011

1013075004, JOKO SURANTO (2016) PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS VII A SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 RAJABASA TAHUN PELAJARAN 2010-2011. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
1013075004-abstrak.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1013075004-kesimpulan.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1013075004-pendahuluan.pdf

Download (44Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS, khususnya meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan dan menetapkan strategi pembelajaran sesuai dengan tujuan kurikuler. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII A SMPN 1 Rajabasa pada semester ganjil tahun pelajaran 2010-2011. Prosedur penelitian meliputi identifikasi permasalahan yang dihadapi guru dan siswa yang berkaitan dengan proses pembelajaran IPS. Adapun masalah yang dikaji adalah penggunaan LKS untuk meningkatkan aktifitas belajar IPS . Tindakan yang diberikan adalah siswa mengerjakan kegiatan / kerja pada lembar LKS (Lembar Kerja Siswa) yang diberikan setelah penyampaian materi pelajaran secara singkat. Metode penelitian ini menggunakan metode kaji tindak, yang dilaksanakan selama tiga siklus. Data yang diambil berupa data aktifitas belajar siswa, yang diperoleh melalui alat pengumpul data yaitu lembar observasi dengan cara pengamatan aktifitas belajar siswa. Selanjutnya diadakan refleksi untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktifitas belajar siswa, yaitu pada siklus I jumlah siswa yang aktif 14 orang atau 31,1% menjadi siswa yang aktif 30 orang atau 66,7% pada siklus II dan menjadi 40 orang atau 88,9% pada siklus III. Peningkatan aktifitas belajar tersebut ternyata berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar yang berupa peningkatan nilai rata-rata kelas dan peningkatan ketuntasan belajar siswa. Adapun peningkatan rata-rata nilainya adalah 6,5 pada siklus I menjadi 6,8 pada siklus II dan pada siklus III menjadi 7,3. Sedangkan peningkatan ketuntasan belajarnya adalah 53,3% pada siklus I menjadi 73,3% pada siklus II dan menjadi 88,8% pada siklus III.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 26 Jan 2016 05:02
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 05:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20465

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir