0743024034, Martha Eka Putri (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK (GW) PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SISWA. Digital Library.
|
File PDF
1. COVER LUARku.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAKku.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAMku.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. PERSETUJUAN ku.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. PENGESAHANku.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PEMBUKAANku.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Isi.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR TABEL.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
14. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (183Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (187Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4 REVISI.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (153Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (72Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Keterampilan proses siswa merupakan salah satu tuntutan hasil belajar (student learning outcome) yang harus dimiliki oleh siswa sekolah menengah. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas XI SMA Negeri 7 Bandar Lampung, diketahui bahwa keterampilan proses siswa belum dikembangkan secara optimal. Hal ini dikarenakan selama ini guru menggunakan metode/model pembelajaran yang tidak memfasilitasi siswa untuk mengembangkan keterampilan proses siswa. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses oleh siswa yaitu model pembelajaran Gallery Walk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses siswa pada materi pokok sistem pencernaan makanan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretes-postes tak equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI1 dan XI3 yang dipilih dari Martha Eka Putri ii populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 17. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan proses siswa yang dihitung dengan N-gain pada kelas eksperimen yaitu 43,20 dan pada kelas kontrol yaitu 22,84. Adapun indikator keterampilan proses yang diteliti yaitu observasi, klasifikasi, interpretasi, dan prediksi, pada kelas eksperimen indikator tertinggi yaitu observasi (95) dan indikator terendah yaitu prediksi (65,50). Selain itu, ratarata aktivitas siswa pada kelas eksperimen juga menunjukkan peningkatan dari pertemuan I sampai III yang mencapai 13,2 %. Aspek membuat kesimpulan merupakan aktivitas tertinggi yang dilakukan siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran GW. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model GWmemiliki pengaruh terhadap peningkatan keterampilan proses dan aktivitas belajar siswa kelas XI SMA negeri 7 Bandar Lampung materi pokok Sistem pencernaan Manusia. Kata kunci: Model GW, keterampilan proses, aktivitas, sistem pencernaan makanan
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 18 May 2016 06:55 |
Terakhir diubah: | 18 May 2016 06:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20807 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |