0743031005, DESI SAPTAWATI (2012) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI ANTARA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL (STUDI PADA SISWA KELAS X SMA GAJAH MADA TAHUN PELAJARAN 2011/2012). Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAM.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA .pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I-III.pdf Download (395Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Dalam pembelajaran terdapat berbagai macam model pembelajaran yang bertujuan agar proses belajar mengajar dapat berjalan baik. Hal ini juga bertujuan untuk menciptakan proses belajar mengajar aktif serta memungkinkan timbulnya motivasi siswa untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar secara menyeluruh. Disinilah tugas seorang guru sebagai pelaksana pendidikan di sekolah berperan, yaitu memilih dan menentukan model pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga dicapai tujuan pendidikan yang maksimal. Untuk itu penelitian ini mengkaji tentang Studi Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Antara Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Students Teams Achievement Division (STAD) dengan Memperhatikan Kemampuan Awal Siswa Kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 201 orang siswa dengan jumlah sampel sebanyak 80 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: 1. Fhitung 7,997 > Ftabel 4,043, berarti hipotesis penelitian diterima, yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) dibandingkan dengan yang pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). 2. thitung 2,307 > ttabel 2,064, berarti hipotesis penelitian diterima, yang menyatakan bahwa hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. 3. t hitung 1,659 < ttabel 2,064, berarti hipotesis penelitian ditolak, yang menyatakan bahwa hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi. 4. Fhitung 0,402 < Ftabel 4,043, berarti hipotesis penelitian ditolak, yang menyatakan bahwa tidak ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kemampuan awal dalam mata pelajaran ekonomi
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 18 May 2016 06:55 |
Terakhir diubah: | 18 May 2016 06:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20811 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |