STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI ANTARA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL (STUDI PADA SISWA KELAS X SMA GAJAH MADA TAHUN PELAJARAN 2011/2012)

0743031005, DESI SAPTAWATI (2012) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI ANTARA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL (STUDI PADA SISWA KELAS X SMA GAJAH MADA TAHUN PELAJARAN 2011/2012). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAM.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA .pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I-III.pdf

Download (395Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Dalam pembelajaran terdapat berbagai macam model pembelajaran yang bertujuan agar proses belajar mengajar dapat berjalan baik. Hal ini juga bertujuan untuk menciptakan proses belajar mengajar aktif serta memungkinkan timbulnya motivasi siswa untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar secara menyeluruh. Disinilah tugas seorang guru sebagai pelaksana pendidikan di sekolah berperan, yaitu memilih dan menentukan model pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga dicapai tujuan pendidikan yang maksimal. Untuk itu penelitian ini mengkaji tentang Studi Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Antara Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Students Teams Achievement Division (STAD) dengan Memperhatikan Kemampuan Awal Siswa Kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 201 orang siswa dengan jumlah sampel sebanyak 80 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: 1. Fhitung 7,997 > Ftabel 4,043, berarti hipotesis penelitian diterima, yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) dibandingkan dengan yang pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). 2. thitung 2,307 > ttabel 2,064, berarti hipotesis penelitian diterima, yang menyatakan bahwa hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. 3. t hitung 1,659 < ttabel 2,064, berarti hipotesis penelitian ditolak, yang menyatakan bahwa hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi. 4. Fhitung 0,402 < Ftabel 4,043, berarti hipotesis penelitian ditolak, yang menyatakan bahwa tidak ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kemampuan awal dalam mata pelajaran ekonomi

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 May 2016 06:55
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20811

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir