STUDI KOMPARATIF ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN TRADISIONAL DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012

0743031046, Wahyu Sulistiorini (2012) STUDI KOMPARATIF ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN TRADISIONAL DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENDAHULUAN.pdf

Download (6Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (714Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (137Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (358Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (284Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian tentang studi komparatif antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran tradisional dengan memperhatikan minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa pada kompetensi dasar permintaan, penawaran dan pasar di SMA 12 Bandar Lampung ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada peningkatan hasil belajar ekonomi siswa. Peningkatan hasil belajar ekonomi siswa dilihat dalam bentuk hasil belajar yang diberikan pada akhir pembelajaran. Hasil belajar siswa dilihat dari nilai post-test atau tes akhir yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar setelah diberikan perlakuan. Oleh karena itu metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian komparatif adalah suatu penelitian yang bersifat membandingkan. Penelitian ini dipilih karena sesuai dengan tujuan penelitan yang akan dicapai yaitu mengetahui perbedaan suatu variabel, yaitu hasil belajar ekonomi siswa dengan perlakuan yang berbeda. Teknik pengolahan data menggunakan analisis varians dua jalan dan T-Test dua sampel independen dengan hasil penelitian sebagai berikut. Pengujian hipotesis pertama dengan menggunakan rumus analisis T-test diperoleh t hitung = 3,002 dan t tabel = 2,013, dengan rata-rata kelas eksperimen 72,00 dan kelas kontrol 68,33 kriteria pengujian hipotesis tolak Ho dan terima H1 jika t hitung > t tabel berdasarkan hasil perhitungan maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) jika dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran tradisional. Pengujian hipotesis kedua dengan menggunakan rumus analisis T-test, diperoleh t hitung = 2,971 dan t tabel = 2,074, kriteria pengujian hipotesis tolak Ho dan terima H1 jika t hitung > t tabel berdasarkan hasil perhitungan maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki minat rendah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran tradisional. Pengujian hipotesis ketiga dengan menggunakan rumus analisis T-test, diperoleh t hitung = 1,464 dan t tabel = 2,074, kriteria pengujian hipotesis terima Ho dan tolak H1 jika t hitung < t tabel, berdasarkan hasil perhitungan maka Ho diterima dan H1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki minat tinggi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran tradisional. Pengujian hipotesis keempat dengan menggunakan rumus varians, diperoleh F hitung = 1,726 dan F tabel = 4,062, kriteria pengujian hipotesis terima Ho dan tolak H1 jika F hitung < F tabel, berdasarkan hasil perhitungan maka Ho diterima dan H1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 May 2016 06:54
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20816

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir