PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH OPEN-ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OLEH SISWA (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Sumberejo Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2011/2012)

0813024012, Tri Suwandi (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH OPEN-ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OLEH SISWA (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Sumberejo Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. Cover Depan.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. Abstrak.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Cover Dalam.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Halaman Persetujuan.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Halaman Pengesahan.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Riwayat Hidup.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. Persembahan.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. Motto.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. Pernyataan.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Sanwacana.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. Daftar Isi.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. Daftar Gambar.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (202Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (196Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (8Mb)
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (110Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemampuan pemecahan masalah (problem-solving skills) merupakan salah satu tuntutan hasil belajar (student’s learning outcome) yang harus dimiliki oleh siswa sekolah menengah. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas X SMA Negeri 1 Sumberejo, diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah oleh siswa belum dikembangkan secara secara optimal. Hal ini dikarenakan selama ini guru menggunakan metode/model pembelajaran yang tidak memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalahnya. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah oleh siswa yaitu dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) open-ended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBM open-ended dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah oleh siswa. Tri Suwandi iii Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X6 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 1 7. Data kualitatif berupa deskripsi kemampuan pemecahan masalah oleh siswa, data aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model PBM open-ended yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah oleh siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (eksperimen = 82,92; kontrol = 73,92). Selain itu, rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah semua indikator yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 63,35%; kontrol = 44,45%). Rata-rata persentase peningkatan aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 81,32; kontrol = 64,22). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBM open-ended. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBM open-ended berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah oleh siswa. Kata kunci : Model PBM open-ended, kemampuan pemecahan masalah.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 May 2016 06:54
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20823

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir