PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA YP Unila Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012)

0813024019, Auliana Afandi (2012) PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA YP Unila Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. Cover Depan.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Halaman Persetujuan.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Halaman Pengesahan.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Cover Dalam.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. persembahan.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. Pernyataan.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. motto.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Sanwacana.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. Daftar Isi.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
chapter 1.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
chapter 2.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
chapter 3.pdf

Download (287Kb) | Preview
[img] File PDF
chapter 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1069Kb)
[img]
Preview
File PDF
chapter 5.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (103Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berpikir kreatif perlu dikembangkan dalam pembelajaran di sekolah karena kemampuan ini akan membantu siswa untuk melihat beragam pemecahan dari satu masalah. Akan tetapi, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi di SMA YP Unila Bandar Lampung, diketahui bahwa pembelajaran di sekolah belum dapat memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan ini. Karenanya diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan media dan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini digunakan media kartu bergambar dengan model SQ3R. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar melalui model SQ3R dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas X8 dan X9 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes dan postes dalam bentuk N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 17. Data kualitatif berupa deskripsi kemampuan berpikir kreatif siswa, data aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan media kartu bergambar melalui model SQ3R yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata- rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelompok eksperimen lebih tinggi (0.59) dibandingkan kelompok kontrol (0.47). Kemampuan berpikir kreatif siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kontrol pada indikator berpikir lancar (fluency), berpikir orisinal (originality) dan memerinci (elaboration). Selain itu, rata- rata peningkatan kemampuan berpikir yang diamati pada kelas eksperimen (58.33%) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (30.65%). Rata- rata persentase peningkatan aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen (72.95%) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (62.49%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media kartu bergambar melalui model SQ3R. dengan demikian, pembelajaran dengan media kartu bergambar melalui model SQ3R berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: Media kartu bergambar, model SQ3R, kemampuan berpikir kreatif

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 May 2016 06:54
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20826

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir