0813024025, Dwi Susanti (2012) PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kotagajah Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.
|
File PDF
1. Cover luar.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. Abstrak.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Cover dalam.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Persetujuan.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Pengesahan.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Riwayat hidup.pdf Download (555Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Persembahan.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Motto.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Pernyataan.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Sanwacana.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (188Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1193Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (110Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat survive dalam kehidupan yang semakin kompetitif. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi kelas X SMA Negeri 1 Kotagajah, diketahui bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa kurang dikembangkan secara optimal. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu dengan menggunakan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pokok Keanekaragaman Hayati. iii Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok non ekuivalen. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X6 dan X7 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa kemampuan berpikir kreatif, aktivitas belajar, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen (76.25) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (65.86). Peningkatan setiap indikator kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperimen dan kontrol yaitu fluency (eksperimen=55.47; kontrol=54.69), flexibility (eksperimen=50.00; kontrol=46.87), originality (eksperimen=61.72; kontrol=37.50); elaboration (eksperimen=75.78; kontrol=60.16, dan evaluation (eksperimen=46.48; kontrol=46.09). Rata-rata aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen (85.68%) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (73.31%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif mengenai penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Dengan demikian, penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi pokok Keanekaragaman Hayati berpengaruh signifikan dalam meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci : media kartu bergambar, model pembelajaran kooperatif tipe TPS, kemampuan berpikir kreatif, Keanekaragaman Hayati.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 18 May 2016 06:41 |
Terakhir diubah: | 18 May 2016 06:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20832 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |