PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAHKELAS X.2DI SMA UTAMA 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

Riantimala, 1113033050 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAHKELAS X.2DI SMA UTAMA 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (471Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (460Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (219Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (719Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan penelitian pendahuluan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Sejarahdi SMA Utama 2 Bandar Lampung hanya 6 sampai 8 siswa yang nilainya mampu melewati KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mencoba menggunakan Model Pembelajaran Group to Group Exchange yang menuntut siswa berpikir tentang apa yang dipelajari, berdiskusi dengan teman, kemudian membagi pengetahuan yang telah diperoleh kepada yang lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Group to Group Exchangeterhadap meningkatnya hasil belajar kognitif siswa pada Mata PelajaranSejarahkelas X.2 di SMA Utama 2 Bandar Lampung, 2) Seberapa besartaraf signifikan pengaruh model pembelajaranGroup to Group Exchange terhadap meningkatnya hasil belajar kognitif siswa pada Mata PelajaranSejarahkelas X.2 di SMA Utama 2 Bandar Lampung.Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruhmodel pembelajaran Group to Group Exchange terhadap meningkatnya hasil belajar kognitif siswapada Mata Pelajaran Sejarahkelas X.2 SMA Utama 2 Bandar Lampung, 2)Untuk mengetahui besar taraf signifikan dari pengaruh model pembelajaranGroup to Group Exchange terhadap meningkatnya hasil belajar kognitif siswa pada Mata PelajaranSejarahkelas X.2 di SMA Utama 2 Bandar Lampung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain One Group Pretest-Postest.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan rumus Uji-t dan rumus korelasi pearson. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakanrumus Uji-tdiperoleh hasil yaitu thitung(10,93)>ttabel (1,71) dan hasil perhitungan korelasi pearson adalah 0,494,dari penelitian ini disimpulkan bahwa1) ada pengaruh dari model pembelajaranGroup to Group Exchange terhadap meningkatnya hasil belajar kognitif siswa kelas X.2 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Utama 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015,2) besar taraf signifikanpengaruh model pembelajaranGroup to Group Exchange adalah 0,494 yang jika dimasukkan ke tabelkoefisien korelasi termasuk dalam kategori “cukup”.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 6759115 . Digilib
Date Deposited: 04 Feb 2016 03:21
Terakhir diubah: 04 Feb 2016 03:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20836

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir